Suplemen Terbaik dan Aman yang Dibutuhkan Bagi Ibu Hamil

Janin yang membutuhkan asupan nutrisi cukup supaya dapat membantu serta berkembang menjadi bayi yang sehat. Jika pada ibu hamil tidak mendapatkan asupan nutrisi dan vitamin yang cukup dari makanan yang dikonsumsi, suplemen kehamilan juga dapat menjadi pelengkap dalam diet Anda.

Menurut para ahli kesehatan, dengan mengkonsumsi makanan sehat yang beragam merupakan cara terbaik untuk mendapatkan vitamin dan juga mineral yang memang sangat dibutuhkan oleh sang bayi pada masa kehamilan. Meskipun demikian, mungkin saja tubuh pada ibu hamil akan kekurangan nutrisi-nutrisi utama yang diperlukan oleh janin supaya dapat tumbuh secara maksimal. Itulah sebabnya pada sebagian ibu hamil memang sangat membutuhkan suplemen kehamilan untuk mengisi kekosongan tersebut.

suplemen terbaik untuk ibu hamil

Beberapa kandungan yang paling penting dan sangat diperlukan oleh ibu hamil diantaranya :

Asam Folat

Kandungan asam folat yang sangat diperlukan dan bermanfaat untuk mencegah adanya neural tube defect (NTD), yaitu cacat pada sistem saraf bayi. Kondisi tersebut biasanya mulai berkembang pada 28 hari pertama sesudah pembuahan. Maka dari itu bagi para wanita yang sedang berupaya untuk mendapatkan anak atau sedang menjalani program kehamilan, sangat disarankan untuk mengkonsumsi sebanyak 400 mikrogram asam folat setiap hari hingga masa kehamilan telah mencapai usia 3 bulan.

Kandungan asam folat juga dapat didapatkan dari makanan seperti sayuran, kacang-kacangan, jeruk, dan nasi yang berwarna coklat.

Kalsium

Pada ibu hamil beserta bayinya sangat membutuhkan kalsium yang sangat bermanfaat untuk tulang dan gigi yang kuat. Kalsium dapat membantu menjaga peredaran darah, sistem otot serta saraf supaya berjalan dengan normal. Kebutuhan kalsium pada masa kehamilan yaitu sebanyak 1000 miligram setiap harinya. Sedangkan bagi yang sedang hamil diusia remaja membutuhkan kalsium lebih banyak yaitu sebanyak 1300 miligram setiap hari. Produk susu merupakan sumber utama kandungan kalsium, namun selain itu pada jus buah dan sarapan sereal juga diperkaya dengan kalsium.

Vitamin D

Ibu hamil atau menyusui sangat disarankan untuk minum 10 mikrogram vitamin D tiap harinya. Pada vitamin D sama halnya dengan kalsium, yang memiliki peran untuk kesehatan tulang dan gigi. Untuk itu ibu hamil membutuhkan asupan vitamin D lebih banyak pasa masa kehamilan supaya menunjang pertumbuhan tulang bayi.

Kekurangan vitamin D akan menyebabkan anak rentan mengalami pertumbuhan tulang yang abnormal. Kandungan vitamin D yang bisa Anda dapatkan yaitu dari ikan salmon, sarden, daging, dan telur. Selain itu berjemur dibawah sinar matahari juga merupakan sumber vitamin vitamin D yang baik bagi tubuh.

Zat Besi

Selain asupan penting yang telah dijelaskan diatas, ternyata ibu hamil juga membutuhkan asupan zat besi harian sebanyak 22-27 miligram perhari. Selain bertujuan untuk meningkatkan masa aliran darah ibu dan plasenta, pada bayi juga membutuhkan asupan zat besi yang ia serap dari sang ibu untuk digunakan dalam 5-6 bulan pertama kehidupannya.

Konsumsi zat besi sesuai dengan dosis yang telah diterapkan, karena jika dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan gejala gangguan pencernaan serta sembelit yang buruk pada ibu dan berbahaya juga bagi sang bayi.

Protein

Protein sangat penting untuk pertumbuhan bayi khususnya pada trimester kedua dan ketiga. Kebutuhan protein bagi ibu hamil yaitu sebanyak 71 gram perhari. Sumber protein yang bisa didapat yaitu dari daging tanpa lemak, ikan, telur, kacang polong, tahu, susu, dan kacang kering.

Omega-3

Omega-3 yang mengandung dua asam, sangat penting bagi kesehatan tubuh yaitu DHA (Docosahexaenoic acid) dan EPA (Eicosapentaenoic acid). DHA sangat penting dalam perkembangan otak yang tepat, sedangkan EPA mampu mendukung pada perilaku dan suasana hati yang sehat. Tidak hanya penting untuk perkembangan bayi, namun juga dapat membantu mencegah resiko ketika Anda mengalami depresi postpartum.

Sumber utama yang bisa didapat yaitu dari minyak ikan, namun tidak ada rekomendasi yang resmi bahwa pada ibu hamil diwajibkan untuk mengkonsumsi minyak ikan.

Itulah suplemen terbaik untuk ibu hamil. Namun ingatlah bahwa suplemen kehamilan bukanlah pengganti makanan Anda, dan hanya sebagai pelengkap. Selain itu juga, untuk tidak mengkonsumsi vitamin dengan dosis yang terlalu tinggi karena malah akan berdampak buruk pada Anda serta bayi.

18 thoughts on “Suplemen Terbaik dan Aman yang Dibutuhkan Bagi Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *