Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Penyakit Rematik

www.tokoaryanto.com – Sebagian besar masyarakat yang sering dialami yaitu penyakit rematik, atau yang disebut dengan asam urat.

ramuan tradisional rematik

Rematik adalah sekumpulan penyakit yang dikenal dengan cukup rumit dan menyerang pada bagian sistem sendi, tulang, otot, serta jaringan lunak yang ada disekitar bagian tubuh tersebut. Rematik ini akan menghubungkan semuanya membentuk pada gangguan di sistem imun atau kekebalan tubuh. Penyakit rematik yang dapat menimbulkan rasa sakit pada otot atau persendian yang mengalami suatu peradangan atau terjadinya pembengkakan.

Pada umumnya seseorang yang mengalami penyakit rematik akan mengeluhkan nyeri pada bagian sendi yang disebabkan oleh banyak faktor. Seperti infeksi, trauma, dll. Salah satu cara yang efektif yang umumnya dilakukan oleh orang banyak yaitu dengan minum obat rematik atau ramuan tradisional yang dijadikan sebagai jamu.

Cara mengatasi rematik dengan ramuan herbal

Ramuan herbal yang dikenal sebagai jamu mampu untuk mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk untuk rematik. Berikut ada beberapa bahan alami yang dapat mengatasi dalam meringankan nyeri sendi atau rematik :

1. Jahe

Manfaat jahe sudah diketahui oleh banyak orang, dan sangat baik untuk menjaga kesehatan, bahkan sangat cocok untuk dijadikan sebagai obat tradisional penyakit rematik. Caranya haluskan jahe sebanyak dua biji, lalu adukkan pada air sebanyak 1 gelas dan berikan sedikit gula atau bisa ditambahkan dengan madu. Apabila sudah matang maka minum air rebusan tersebut. Mengkonsumsi secara rutin supaya mendapatkan hasil yang baik.

2. Kulit Manggis

Kulit manggis yang diiris tipis kemudian dijemur sampai kering. Setelah itu seduh menggunakan air panas, sampai berubah warna.

3. Daun Sirsak

Daun sirsak yang memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A mampu mengeluarkan racun yang ada pada tubuh. Selain itu juga, daun sirsak dipercaya mampu meringankan nyeri sendi akibat penyakit rematik, maka tidak heran jika banyak yang menggunakannya.

4. Daun Dandelion

Salah satu tanaman obat yang mampu mengobati rematik yaitu daun dandelion, karena memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A yang cukup tinggi sehingga mampu untuk memperbaiki kerusakan pada bagian tubuh serta mengeluarkan racun dalam darah.

5. Daun Seledri

Daun seledri tidak hanya dijadikan sebagai bahan masakan saja, tetapi juga dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengobati rematik karena didalamnya memiliki zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Zat yang ada pada daun seledri yaitu klorin, folat, sulfur, lemak esensial, forfor, slenium, seng, pottasium, inositol, mangan, vitamin A dan vitamin B sehingga dapat dipercaya mampu untuk meredakan rasa nyeri akibat rematik.

6. Lengkuas

Lengkuas yang dikenal dengan nama laja dan laos, yaitu salah satu bumbu dapur juga dapat dimanfaatkan untuk digunakan sebagai obat rematik tradisional. Caranya parut beberapa potong jari rimpang lengkuas yang masih segar, lalu peras airnya dengan menggunakan kain, kemudian gosongan pada bagian tubuh yang terasa sakit seperti saat menggunakan minyak urut. Sedangkan pada ampasnya dapat digunakan sebagai obat gosok.

7. Daun Kumis Kucing dan Mineran

Dari kedua ramuan tradisional tersebut memiliki kandungan yang sangat tinggi dan bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat dan rematik. Kandungan yang ada pada tumbuhan tersebut diantaranya kalium, filatin, hipofilatin, damar, tanin, dan flavonoid. Kumis kucing juga terdapat senyawa osthosiphonin glikosida yang sangat bermanfaat untuk membuang kelebihan asam urat didalam tubuh. Caranya rebus kedua tumbuhan tersebut secukupnya, dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi rematik dengan menggunakan ramuan tradisional. Semoga bermanfaat 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *