Penyebab Terjadinya Sakit Kepala Saat Periode Menstruasi

Sakit kepala saat haid sering dialami oleh para wanita sekitar 60% yang memiliki riwayat migrain dan dirasakan sekitar dua hari saat menjelang menstruasi hingga tiga hari setelah haid berakhir.

penyebab sakit kepala saat menstruasi

Memang tidak semua wanita akan mengalami sakit kepala saat haid. Namun diperlukan kewaspadaan supaya tidak mengalami gangguan kesehatan yang salah. Menstruasi yang merupakan siklus bulanan bagi wanita. Dari proses alami ini pada tubuh wanita akan merasakan pengalaman pertama saat hormon-hormon dalam tubuh akan mulai berfluktuasi, maka memang sangat wajar jika nantinya akan merasakan perubahan fisik dan juga emosi secara keseluruhan.

Kondisi saat menjelang haid pada wanita memang berbeda-beda, seperti ada yang disertai dengan migrain (sakit kepala sebelah), mudah kelelahan, bahkan pendarahan hebat, tapi ada juga yang santai tidak merasakan kondisi apa-apa. Pada umumnya pada sebagian besar wanita akan mengalami gejala pusing saat menstruasi.

Penyebab Sakit Kepala Saat Haid :

  • Perubahan Hormon

Hal ini karena hormon estrogen dan proestrogen dalam tubuh wanita mengalami penurunan sehingga akan berdampak pada senyawa kimia yang ada dalam otak yang nantinya akan menyebabkan mengalami pusing saat haid. Hal tersebut sangat wajar dan tidak perlu khawatir. Kondisi perubahan hormon juga bisa menjadi tanda kehamilan atau tanda-tanda ovulasi.

  • Migrain

Migrain atau kondisi sakit kepala sebelah, pada umumnya sering menyerang pada wanita yang sedang dalam periode menstruasi. Pada gangguan ini dapat menyebabkan rasa pusing, sulit berpikir, sakit kepala yang hebat, mual, kepekaan yang berlebihan terhadap cahaya, dan sensasi kesemutan. Pada hormon estrogen merupakan faktor utama dibalik kondisi migrain ini.

  • Vertigo

Vertigo adalah salah satu bentuk sakit kepala atau perasaan halusinasi yang seolah-olah di lingkungan sekitar berputar. Pada beberapa wanita yang mengalami pusing saat haid yang dikarenakan oleh vertigo maka disebabkan oleh adanya perubahan hormonal. Selain itu juga dapat disebabkan karena rasa stress, kurang tidur, bahkan orang yang memiliki riwayat mabuk darat.

  • Fibroid

Fibroid merupakan pertumbuhan sel tidak normal yang terjadi didalam rahim wanita. Fibroid yang bisa menyebabkan haid menjadi tidak normal atau menstruasi yang berlebihan sehingga akan mengalami anemia dan pusing saat sedang menstruasi. Kondsii ini memicu sel kanker, namun alangkah baiknya segera lakukan konsultasi pada dokter.

  • Hipoglikemia

Pada kondisi ini yaitu saat Anda memiliki kadar gula darah dibawah normal. Ketika siklus menstruasi sudah berjalan dan memiliki kadar gula darah yang rendah, maka akan menyebabkan pusing saat sedang mengalami menstruasi. Selain itu, kondisi mudah lelah, peningkatkan volume keringat, dan tubuh gemetaran juga dapat terjadi.

  • Menoragia

Rasa pusing saat haid dapat disebabkan bagi wanita yang mengalami gangguan menoragia. Menoragia merupakan kondisi menstruasi yang berlebihan, dan bisa terjadi karena kondisi fibroid. Karena hilangnya banyak dara maka akan mengalami kekurangan zat besi serta dapat membuat kondisi menjadi anemia sehingga mereka akan merasakan pusing saat sedang dalam periode menstruasi.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Haid

Setelah kita mengetahui berbagai macam penyebab sakit kepala saat periode menstruasi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan dengan mudah untuk mengatasi atau meringankan sakit kepala yang diderita. Berikut cara mengatasinya :

1. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Pusing saat haid akan bertambah parah jika mengonsumsi makanan yang tidak tepat. Apabila merasakan pusing saat sedang menstruasi, sebaiknya untuk menghindari minuman yang mengandung alkohol, kafein, serta makanan yang mengandung MSG karena dapat memperparah rasa pusing.

2. Kurangi stress

Kadar stress dapat menyebabkan Anda mengalami pusing. Untuk mengurangi rasa stress, lakukan refreshing seperti berlibur.

3. Gunakan es batu

Ternyata es batu memiliki manfaat, selain digunakan untuk meredakan pembengkakan pada tubuh, es batu juga dapat meredakan rasa pusing saat sedang haid. Cara penggunaannya, masukkan beberapa es batu kedalam handuk atau kantung, kemudian kompreskan pada bagian kepala atau leher. Diamkan selama beberapa menit hingga rasa pusing berangsur menghilang.

4. Perbanyak minum air putih

Dengan meminum air putih yang banyak maka dapat membantu Anda dalam mengatasi pusing saat sedang haid. Selain itu juga, air putih juga sangat bermanfaat untuk organ tubuh lainnya.

5. Berolahraga secara rutin

Dengan melakukan aktivitas olahraga secara rutin memang sangat bermanfaat bagi tubuh, tetapi sebelum melakukan olahraga sebaiknya konsumsi terlebih dahulu cukup air mineral dan makanan tinggi akan protein, serta jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Sakit kepala saat sedang haid dapat dirasakan sejak usia remaja, masa produktif, bahkan hingga menjelang menopause. Tetapi ada kalanya juga sakit kepala saat haid dapat disebabkan dengan kondisi lain yang lebih serius.

Related post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *