Penyebab Terjadinya Jantung Bengkak dan Cara Mengobatinya

Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting dan berperan sebagai memompa darah. Dalam istilah medis jantung bengkak disebut dengan Kardiomegali (Cardiomegaly) yang merupakan pembengkakan pada jantung sehingga ukurannya membesar dan melebihi ukuran jantung normal. Biasanya hal tersebut dapat diketahui setelah seseorang telah melakukan pemeriksaan melalui rontgen pada bagian dada.

penyebab jantung bengkak

Lalu mengapa jantung bisa bengkak?
Timbulnya jantung bengkak akibat dari respons terhadap kerusakan pada otot jantung. Terdapat dua jenis masalah pada hal ini, yaitu jantung bengkak akibat dari melonggarnya otot jantung sehingga volume bilik jantung menjadi lebih besar yang disebut dengan Kardiomegali Dilatasi. Sedangkan yang kedua akibat dari penebalan pada otot jantung yang disebut dengan Hipertropi.

Kardiomiopati dilatasi (otot jantung menipis) merupakan jenis utama dari kardiomegali. Bagian dinding kedua sisi kiri dan kanan jantung (ventrikel) pada kardiomiopati akan menjadi tipis dan meregang, sehingga hasilnya terjadi pembesaran jantung. Sedangkan pada kardiomegali hipertrofi, pada otot ventrikel kiri jantung akan berubah menjadi tebal. Pada kondisi ini paling sering terjadi karena disebabkan oleh tekanan darah tinggi sehingga menyebabkan pembesaran ventrikel kiri (hipertrofi).

Untuk mengetahui penyebab jantung bengkak lebih dalam, berikut ulasannya :

1. Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi akan membuat jantung bekerja memompa lebih keras dalam memenuhi aliran darah ke seluruh tubuh. Apabila berlangsung dengan lama maka jantung akan membesar diri dengan penebalan otot jantung. Kondisi hipertensi akan menyebabkan ventrikel kiri menjadi membesar, sehingga otot jantung akan melemah.

2. Lemahnya Kemampuan Otot Jantung

Pada otot jantung yang mengalami penurunan dalam kemampuan bekerja merupakan salah satu faktor jantung bengkak, yang dimana fungsi otot jantung tersebut akan semakin menurun. Pada tubuh seseorang yang sudah memasuki usia lanjut hal ini bisa saja terjadi karena semakin bertambahnya usia pada seseorang maka akan semakin menurun juga fungsi dari organ tubuh, sehingga jantung akan merasa semakin berat ketika menjalankan fungsinya.

3. Kerusakan Katup Jantung

Jantung memiliki empat katup yang berfungsi untuk menjaga aliran darah supaya dapat mengalir dengan benar ke seluruh tubuh. Jika katup jantung mengalami kerusakan maka akan berdampak pada jantung bengkak. Penyebab dari katup jantung rusak yaitu kalainan pada katup jantung, demam rematik, infeksi endokarditis, pengaruh obat tertentu, kerusakan jaringan ikat, dan adanya radiasi dalam fase penyembuhan penyakit kanker.

4. Penyakit Anemia

Anemia merupakan suatu kondisi yang dimana tidak adanya sel-sel darah merah sehat untuk membawa oksigen yang cukup serta memadai jaringan. Pada anemia kronis, bahaya anemia dapat mengakibatkan denyut jantung menjadi tidak teratur. Karena kurangnya oksigen pada darah sehingga jantung akan bekerja lebih keras dari biasanya.

5. Gangguan Tiroid

Jantung bengkak dapat disebabkan karena adanya gangguan yang terjadi pada tiroid. Terdapat 2 kemungkinan terjadinya gangguan pada tiroid yang menyebabkan jantung bengkak yaitu kelenjar tiroid kurang aktif (Hipotiroidisme) dan kelenjar tiroid aktif secara berlebihan (Hipertiroidisme). Kelenjar tiroid tersebut merupakan suatu indikator pada seseorang dalam mendeteksi kemungkinan terjadinya pembengkakan pada jantung.

6. Amiloidosis

Amiloidosis merupakan salah satu penyakit langka yang dimana pda penyakit tersebut berperan sebagai penyebab jantung bengkak. Protein abnormal yang beredar dalam darah dan tersimpan didalam jantung merupakan gambaran dari kondisi penyakit amiloidosis. Kinerja serta fungsi jantung akan semakin terganggu sehingga dapat menyebabkan pembengkakan pada jantung.

Pengobatan Jantung Bengkak

Ada beberapa tips dalam mengatasi jantung bengkak, meskipun memang sangat sulit untuk menyembuhkannya, diantaranya :

  • Berhenti merokok
  • Batasi jumlah garam
  • Menurunkan berat badan berlebih
  • Memonitor tekanan darah dengan cara rutin
  • Mengendalikan diabetes apabila ada
  • Istirahat cukup
  • Melakukan olahraga sederhana sesuai rekomendasi dokter
  • Hindari kopi dan alkohol

Jantung yang merupakan organ tubuh yang sangat penting karena fungsinya sebagai pemompa darah serta mengalirkan darah keseluruh bagian tubuh. Tetapi dengan faktor-faktor diatas atau gaya hidup yang kurang sehat maka dapat menyebabkan kerusakan pada bagian jantung sehingga dapat menyebabkan pembengkakan. Maka dari itu jantung bengkak dapat diatasi dengan dilihat dari penyebab awal pembengkakan. Karena jika semakin dini dilakukan pemeriksaan maka akan semakin minim pula resiko yang terjadi. Maka dari itu lindungi kesehatan jantung Anda supaya terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan jantung termasuk pembengkakan jantung.

Obat Herbal Jantung Bengkak QnC Jelly Gamat

qnc kemasan baru

QnC Jelly Gamat merupakan obat herbal berkualitas dan multikhasiat yang sangat ampuh dalam mengobati jantung bengkak. Terbuat dari bahan alami terbaik yaitu Ekstrak Teripang Emas, yang memang dari dulu telah digunakan untuk membantu dalam mengatasi berbagai macam penyakit seperti menyembuhkan luka, melancarkan sirkulasi darah, meredakan rasa sakit, mencegah inflamasi, mengaktifkan aktivitas sel-sel, dapat menstabilkan emosi, serta dapat meningkatkan kecantikan.

Khasiat dari teripang emas tersebut daat menurunkan trigliserida darah sebagai penyebab dari penyakit jantung. Selain itu kandungan DHA yang terdapat pada teripang emas tersebut sangat bermanfaat dalam mencegah penyakit jantung atau penyakit lainnya yang berkaitan dengan jantung, termasuk pembengkakan pada jantung.

Telah dilakukan penelitian bahwa Ekstrak Teripang Emas memiliki banyak kandungan yaitu Protein 86,8%, Kolagen 80,0%, Glucosaminoglycans (GAGs), Chondroitin, Omega 3, 6, dan 9, Saponin, Lektin, Asam amino, Mukopolisakarida, Vitamin, Mineral, dan lainnya.

Dari semua kandungan yang ada pada QnC Jelly Gamat telah terbukti dan mampu mengatasi berbagai macam penyakit termasuk jantung bengkak. Seperti yang telah diketahui bahwa jantung bengkak yang diakibatkan oleh penyumbatan pada pembuluh darah. Kandungan Chondroitin yang terdapat pada teripang tersebut bersifat antithrombogenik atau anti penggumpalan darah. Sedangkan kandungan omega 3 dapat mengusir kolesterol jahat yang menyebabkan penyempitan darah.

Jadi itulah alasan mengapa obat herbal QnC Jelly Gamat sangat direkomendasikan sebagai obat jantung bengkak. Karena didalamnya memiliki nilai pengobatan yang sangat tinggi, jadi untuk Anda sangat tepat jika memilih obat QnC Jelly Gamat sebagai pengobatan dalam mengatasi jantung bengkak. Apabila Anda tertarik dan ingin memesan obat herbal QnC Jelly Gamat, Anda dapat memesan pada kami dengan cara KLIK DISINI.

| Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *