Penyebab Sering Kesemutan Saat Hamil Trimester 3

Masa kehamilan akan dapat menyebabkan banyak perubahan yang terjadi pada tubuh ibu. Pada ibu hamil akan mengalami kondisi yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan ketika hamil seperti mual, muntah, kaki bengkak, heartburn (perasaan terbakar pada bagian atas perut), termasuk kesemutan.

Kesemutan sangat umum dialami oleh ibu hamil. Kondisi tersebut tidak akan menyebabkan bahaya, namun akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan dapat mengganggu pada aktivitas ibu hamil. Tetapi kesemutan juga bisa menjadi gejala atau tanda dari penyakit yang mungkin berbahaya.

penyebab kesemutan pada ibu hamil trimester 3

Penyebab Kesemutan

Kesemutan memang sangat terjadi ketika hamil dan bersifat normal. Dan pada umumnya terjadi pada bagian tangan dan kaki. Kesemutan disebabkan oleh berkurangnya aliran darah pada bagian tubuh tertentu. Saraf pada bagian tubuh tersebut mengalami kekurangan darah sehingga mencegah saraf untuk mengirimkan sinyal penting pada otak. Hal tersebut akan membuat saraf menjadi mengalami sensasi mati rasa atau kesemutan.

Kondisi berkurangnya aliran darah pada bagian tubuh dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya :

1. Karena meningkatkan volume cairan pada tubuh ibu hamil seiring dengan banyaknya darah yang telah diproduksi oleh ibu hamil.

2. Karena perkembangan janin yang semakin besar dan juga berat, sehingga dapat menghambat aliran darah sang ibu.

3. Karena sang ibu mengalami tekanan darah rendah, sehingga dapat mengurangi aliran darah pada bagian tubuh tertentu. Tekanan darah rendah bisa terjadi saat volume darah lebih rendah dibandingkan dengan volume pada pembuluh darah, dan biasanya akan terjadi pada awal-awal kehamilan.

4. Saraf dan pembuluh darah mengalami tekanan. Seperti ibu hamil yang sering menekuk atau menyilakan kaki terlalu lama, terlalu lama duduk ataupun berdiri disatu tempat, sehingga dari kebiasaan ini maka akan menghambat aliran darah.

5. Kekurangan vitamin b dan gangguan metabolisme tubuh yang diakibatkan oleh penekanan rahim yang semakin membesar.

6. Kurangnya istirahat sehingga metabolisme akan terganggu dan menyebabkan kesemutan. Atau karena posisi tidur yang membuat kepala ataupun badan menindih tangan pergelangan tangan, dan posisi tidur yang terlentang. Perlu diketahui pada saat hamil yang semakin besar, maka pembuluh darah balik yang berada pada pangkal panggul tertekan apabila tidur dengan posisi terlentang, sehingga dapat mengakibatkan tersumbatnya peredaran darah ke kaki.

7. Kesemutan dapat disebabkan oleh CTS (Carpal Tunner Syndrome) yang biasanya terjadi pada usia trimester kedua atau ketiga. CTS terjadi ketika penumpukkan cairan (edema) pada jaringan pergelangan tangan. Pembengkakan ini karena adanya penumpukkan cairan yang kemudian menekan saraf pada tangan serta jari.

Kesemutan yang berlangsung lama dapat menjadi tanda atau gejala suatu penyakit seperti diabetes saat kehamilan (diabetes gestasional).

Cara Mencegah Kesemutan Ketika Hamil

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kesemutan yaitu dengan menjaga berat badan ketika hamil. Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang serta melakukan olahraga secara teratur. Tidak lupa juga untuk membatasi asupan garam, minyak, dan gula serta perbanyak minum air putih. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 tinggi berfungsi untuk mendukung kesehatan pada sistem saraf, seperti bawang putih, daging tanpa lemak, buah alpukat, sayuran yang berdaun hijau (brokoli), ikan salmon, dan hazelnut.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika sedang kesemutan?

Ketika sedang kesehatan yaitu dengan segera mengubah posisi Anda, sehingga darah akan mengalir pada bagian tubuh yang mengalami kesemutan. Karena dengan mengalirnya darah pada bagian tubuh maka saraf pada bagian tubuh akan menerima asupan darah, kemudian kesemutan pun akan mulai menghilang.

Selain itu juga, Anda dapat memijat bagian tubuh yang mengalami kesemutan, karena pijatan juga dapat meringankan serta membantu dalam melancarkan aliran darah. Namun jika Anda mengalami kesemutan yang sering terjadi, sebaiknya untuk segera konsultasikan pada dokter.

One thought on “Penyebab Sering Kesemutan Saat Hamil Trimester 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *