Penyebab Menstruasi Tidak Lancar Dan Cara Mengatasinya

Menstruasi tidak lancar atau tidak teratur merupakan kondisi saat siklus menstruasi menjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat beberapa bulan, atau tidak terjadi sama sekali.

penyebab haid tidak lancar

Menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim yang keluar menjadi darah, biasanya akan terjadi selama 3-7 hari. Siklus menstruasi akan terjadi selama 28-35 hari dan terjadi sebanyak 11-13 kali menstruasi dalam satu tahun. Pada setiap wanita akan mengalami siklus yang berbeda-beda, ada yang lebih pendek bahkan ada yang lebih lama.

Dikatakan menstruasi tidak lancar atau tidak teratur jika siklus yang terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Selain itu juga menstruasi dikelompokkan tidak lancar jika pada lamanya menstruasi yang berubah-ubah pada setiap bulannya. Terjadinya volume darah yang tidak sama, kadang banyak maupun sedikit, juga menjadi dasar menstruasi tidak lancar.

Ada beberapa tipe menstruasi tidak teratur, seperti :

  • Metrorrhagia adalah menstruasi yang tidak teratur, tetapi rutin terjadi.
  • Oligomenorrhea adalah suatu kondisi siklus menstruasi yang terjadi lebih dari 35 hari sehingga dalam kurun waktu satu tahun, menstruasi dapat terjadi sekitar 6-8 kali.
  • Amenorrhea adalah suatu kondisi saat menstruasi berhenti selama 3 bulan lebih.
  • Menometrorrhagia adalah terjadinya pendarahan menstruasi yang berlangsung lebih lama dan volume darah menjadi lebih banyak namun rutin terjadi.

Lalu apa yang menyebabkan menstruasi tidak lancar?

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Biasanya menstruasi tidak lancar atau tidak teratur terjadi apabila seseorang masih berada di tahun-tahun awal menstruasi atau yang disebut masa pubertas. Selain karena disebabkan oleh masa pubertas juga karena menjelang masa menopause.
Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab menstruasi tidak lancar atau tidak teratur :

Kehamilan

Apabila menstruasi terlambat atau terhenti, cobalah untuk melakukan pemeriksaan supaya memastian apakah hamil atau tidak.

Pola Hidup Sehari-hari

Apabila Anda melakukan olahraga secara berlebihan dan berat menjadi turun drastis, maka hal itu bisa saja menyebabkan menstruasi tidak lancar. Tidak terkecuali juga pada seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Namun tidak hanya pada perubahan berat badan saja, keadaan stress juga dapat mempengaruhi pada siklus menstruasi.

Alat Kontrasepsi

Dengan menggunakan alat kontrasepsi atau pil KB memang bisa menyebabkan adanya perubahan berupa flek diantara siklus menstruasi. IUD dapat menyebabkan darah yang keluar menjadi lebih banyak dari biasanya, atau sakit perut pada saat menstruasi.

Sindrom Ovarium Polikistik

Merupakan kumpulan gejala yang disebabkan oleh kista kecil pada indung telur. Adanya keberadaan ini akan membuat hormon menjadi tidak seimbang. Ketidaknormalan ini juga terjadi pada proses pelepasan sel telur. Hal ini menyebabkan tidak mengalami menstruasi atau mengalami menstruasi tetapi darahnya sedikit.

Tiroid

Bagian leher yang terdapat kelenjar tiroid yang memproduksi hormon yang dapat mengatur pada metabolisme tubuh. Apabila bermasalah maka dapat mempengaruhi pada menstruasi Anda.

Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Lancar

– Makan diet dengan seimbang. Menjadikan tubuh kurus atau gemuk juga dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur.

– Jika Anda seorang atlet, sebaiknya untuk mengurangi latihan Anda.

– Hindari stress atau pikiran.

– Istirahat yang cukup serta rajin berolahraga.

– Hindari mengkonsumsi minuman dan makanan berakohol.

Apabila menstruasi tidak teratur secara terus menerus serta dalam jangka waktu yang lama, alangkah baiknya untuk konsultasikan pada dokter supaya kita mengetahui apa penyebabnya. Atau Anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal alami supaya siklus menstruasi Anda kembali normal.

52 thoughts on “Penyebab Menstruasi Tidak Lancar Dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *