Penyebab dan Cara Mengatasi Hemoglobin Rendah Pada Ibu Hamil

www.tokoaryanto.com – Selama masa kehamilan, kadar hemoglobin (HB) pada ibu hamil diharapkan untuk selalu normal. Hemoglobin adalah salah satu protein yang terdapat pada sel-sel darah merah yang kaya akan zat besi. Jika mengalami HB rendah maka dikhawatirkan akan menyebabkan resiko pada ibu hamil terkena anemia, mengalami infeksi, atau bahkan terjadi pendarahan. Kondisi tersebut tentu sangat mengganggu pada kesehatan serta dapat mempengaruhi pada ibu hamil dan janin, seperti terjadinya gagal jantung pada ibu hamil, pendarahan ketika hamil, keguguran, terhambatnya pada pertumbuhan bayi, memiliki berat badan yang kurang, lahir bayi prematur, bahkan terjadi kematian pada bayi ketika dilahirkan.

penyebab&mengatasi HB rendah ibu hamil

Fungsi dari hemoglobin yaitu sebagai pengikat oksigen yang akan disebarkan keseluruh bagian tubuh. Salah satu molekul yang terkandung pada hemoglobin yaitu Oksihemoglobin yang berperan sebagai penyebar oksigen pada seluruh organ tubuh yang memiliki kadar oksigen rendah untuk menggantikan karbondioksida.

Pentingnya Hemoglobin

Zat hemoglobin dalam darah merah tentu sangat penting, karena jika ibu hamil mengalami kekurangan HB maka sangat berbahaya, tidak hanya pada ibu hamil, tetapi sang janin juga akan berpengaruh. Maka dari itu salah satu kondisi yang selalu diwaspadai oleh ibu hamil adalah menjaga keadaan hemoglobin dalam sel darah merah.

Penyebab Hemoglobin Rendah

Penting untuk diketahui penyebab dari kadar hemoglobin rendah pada ibu hamil, antara lain :

1. Dehidrasi

Salah satu penyebab mengalami kadar hemoglobin rendah pada ibu hamil yaitu kurangnya cairan dalam tubuh atau dehidrasi sehingga akan terlihat lemas, lesu, dan lunglai. Kurangnya cairan pada tubuh secara terus menerus maka akan membuat kadar hemoglobin dalam sel darah merah akan menurun.

2. Terlalu banyak melakukan aktivitas

Karena terlalu banyak melakukan aktivitas yang cukup berbahaya pada ibu hamil, dan membuat tenaga terkuras serta tubuh kurang istirahat dan menjadi lelah maka akan menyebabkan kadar hemoglobin menjadi rendah. Oleh karena itu pada ibu hamil untuk mengurangi melakukan aktivitas fisik.

3. Kurang asupan nutrisi

Makanan yang tidak memenuhi asupan gizi pada ibu hamil akan berpotensi mengalami penurunan pada kadar hemoglobin menjadi rendah. Asupan nutrisi pada ibu hamil sangatlah penting seperti makanan yang mengandung asam folat, vitamin C, vitamin B12, serta zat besi. Dari semua makanan yang mengandung zat tersebut akan membuat sel darah merah menjadi sehat.

4. Pendarahan

Pendarahan dapat mengakibatkan penurunan kadar hemoglobin dalam darah. Kondisi tersebut dapat disebabkan karena kecelakaan, wasir, dan lainnya. Untuk itu ibu hamil harus menjaga kondisi kehamilannya supaya tidak terjadi pendarahan.

5. Infeksi penyakit

Terdapat beberapa jenis penyakit kronis yang dapat menurunkan kadar hemoglobin seperti penyakit pada bagian jantung, ginjal, usus, hati, atau organ penting lainny. Hal tersebut tidak heran karena terdapat masalah atau gangguan yang terjadi sehingga akan membuat gangguan pada sel darah merah.

Mengantisipasi kadar hemoglobin rendah pada selama kehamilan memang sangatlah penting untuk dilakukan. Karena hal ini bertujuan supaya proses kehamilan tetap lancar ketika persalinan nanti. Berikut cara mengatasi dalam menjaga kadar hemoglobin supaya tetap normal :

  • Konsumsi makanan yang memiliki kandungan B12, vitamin C, asam folat, serta zat besi seperti pada bayam, brokoli, tomat, kacag-kacangan, jagung, asparagus, anggur, pepaya, jambu biji, mangga, dan lainnya.
  • Hindari untuk mengkonsumsi makanan yang dapat mempengaruhi pada penyerapan zat besi didalam tubuh yaitu makanan yang kaya akan serat dan kalsium seperti pada susu, coklat, atau minuman yang mengandung kafein.
  • Istirahat yang cukup.
  • Hindari mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung fosfat atau antasida.
  • Rutin melakukan olahraga.

Perlu Anda ketahui bahwa rendahnya kadar hemoglobin dalam tubuh disebabkan oleh adanya beberapa faktor tertenu. Dalam mengatasinya, langkah yang paling tepat yaitu dengan melakukan pengobatan yang berasal dari sumber penyebabnya. Misalnya, apabila penyebab HB rendah dikarenakan oleh kondisi pendarahan, maka langkah yang harus dilakukan yaitu dengan mengobati pada sumber luka yang dapat mengakibatkan pendarahan tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami jelaskan mengenai penyebab dan cara mengatasi hemoglobin rendah pada ibu hamil. Tetap untuk menjaga kondisi kesehatan Anda dan jangan anggap sepele pada masalah tersebut karena dapat berdampak bagi kesehatan ibu dan bayi yang bisa mengganggu pada pertumbuhan kembang bayi didalam perut.

qnc kemasan baruQnC Jelly Gamat Produk Asli Indonesia dari 100% Teripang Emas Terbaik. Berfungsi untuk menyehatkan serta mengobati pada sel-sel jaringan tubuh yang telah mengalami kerusakan termasuk mengalami kadar hemoglobin rendah.

Bahan alami teripang emas dimanfaatkan sebagai bahan utama obat herbal QnC Jelly Gamat karena memiliki kandungan yang sangat berkhasiat dalam mengobati berbagai macam penyakit baik ringan maupun kronis, termasuk untuk membantu supaya kadar hemoglobin pada ibu hamil tetap normal. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai pencegahan dan kecantikan.

Telah terdaftar di DEPKES P-IRT Nomor 109321601291-1229 dan POM TR 173301471 serta bersertifikat HALAL dari MUI. Kandungan dari teripang emas yang merupakan bahan utama pembuatan QnC Jelly Gamat yaitu memiliki zat gizi seperti mineral, protein, kolagen, omega 3, asam amino, dan lainnya.

Dari semua kandungan yang ada pada QnC Jelly Gamat sangat bermanfaat bagi tubuh dalam meningkatkan kesehatan tubuh dengan cara efektif serta pada proses pengobatan berbagai macam penyakit termasuk mengatasi kondisi kadar hemoglobin rendah pada ibu hamil. Bagi Anda yang tertarik untuk membeli produk herbal QnC Jelly Gamat, Anda dapat memesan produk herbal dengan cara klik dibawah ini :

cara-pesan-asli-canada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *