Mewaspadai Tanda-tanda Bayi Terkena Penyakit Diabetes

www.aryantoherbal.com –┬áDiabetes atau kencing manis merupakan kondisi yang rentan terjadi pada penyakit orang dewasa. Tetapi, ternyata penyakit diabetes juga bisa terjadi pada anak kecil bahkan pada bayi.

Bayi yang sudah menderita penyakit diabetes dapat berkembang seumur hidup, sehingga perawatan yang tepat sangat diperlukan supaya penderita diabetes tetap sehat serta masih bisa beraktivitas secara normal. Untuk mengetahui bayi menderita diabetes atau tidak, Anda perlu mengetahui tanda-tanda dari penyakit diabetes pada bayi. Simak selengkapnya dibawah ini.

tanda-tanda bayi terkena diabetes

Diabetes yang termasuk penyakit kronis yang mempengaruhi pada kemampuan tubuh dalam menyerap gula darah dan menggunakannya sebagai energi. Seseorang yang menderita penyakit tersebut tidak mampu menggunakan insulin secara baik sehingga gula darah akan menumpuk didalam tubuh.

Perlu diketahui bahwa penyakit diabetes tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi bayi juga dapat mengalami kondisi tersebut. Diabetes pada bayi dapat berlangsung hanya sementara yang disebut dengan Neonatal Diabetes Mellitus (TNDM) tipe 1, bahkan juga ada yang menetap berlangsung seumur hidup yang disebut dengan Permanent Neonatal Diabetes Mellitus (PNDM).

TNDM bisa saja terjadi pada bayi baru lahir, dan biasanya gejala tersebut akan hilang secara bertahap antara usia 3 bulan hingga 18 bulan. Akan tetapi penyakit diabetes bisa muncul lagi terutama pada masa anak-anak atau remaja, bahkan dapat berkembang menjadi diabetes mellitus permanen. Sedangkan pada PNDM biasanya akan muncul dalam 6 bulan pertama kehidupan dan berlanjut hingga seumur hidup.

Tanda-tanda Diabetes Pada Bayi

Sebagai orang tua tentu saja selalu waspada untuk memberikan perawatan paling tepat. Oleh karena itu alangkah baiknya para orang tua mengetahui tanda-tanda dari diabetes pada bayi dan cara pengobatannya, diantaranya :

1. Sejak bayi masih didalam kandungan, bayi sudah mengalami keterlambatan berkembang

2. Bayi akan mengalami kondisi kadar gula yang sangat tinggi

3. Bayi akan sering buang air kecil hingga cairan yang ada didalam tubuh hilang dan bayi akan mudah terkena dehidrasi. Sedangkan pada bau urine biasanya akan menyerupai buah

4. Pada perkembangan berat badan bayi akan terus berkurang serta akan sulit untuk dinaikkan. Meskipun sudah dibantu dengan cara memberikan makanan penambah berat badan, tetapi akan sangat sulit

5. Bayi akan mengalami muntah

6. Bayi yang terlihat lelah dan juga lemah karena kekurangan energi

7. Bayi akan mengalami kendala untuk tubuh dan berkembang.

Menurut Genetik Home Reference, bayi dapat mengalami gangguan pada perkembangan organ yang tidak normal, seperti jantung, ginjal, bahkan otak sehingga otot mengalami lemah. Apabila berat badan bayi terus menurun atau sulit untuk naik, alangkah baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan supaya mengetahui kondisi lebih lanjut.

Pengobatan Diabetes Pada Bayi

Bayi yang menderita penyakit diabetes sangat membutuhkan perawatan khusus guna kadar gula darahnya tetap terkontrol. Gula darah yang tidak terkontrol dengan jangka waktu yang lama dapat menyebabkan diabetes lebih buruk bahkan terjadi komplikasi diabetes. Sehingga kondisi seperti ini sangat membutuhkan perawatan seumur hidupnya.

Perhatikan asupan makanan hingga sang bayi tumbuh besar, karena asupan makanan juga mempengaruhi kadar gula darah. Hindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi seperti makanan atau minuman manis. Sebaiknya gunakan makanan pemanis rendah kalori yang memiliki kandungan kromium untuk ditambahkan kedalam makanan ataupun minuman bayi. Karena kandungan tersebut dapat meningkatkan fungsi hormon insulin sehingga kadar gula darah pada bayi dapat terkontrol.

Itulah tanda-tanda bayi mengalami diabetes. Maka dari itu sebaiknya untuk memperhatikan kadar gula ketika sedang masa kehamilan supaya tidak mempengaruhi pada kondisi kadar gula bayi.

| Cara Pemesanan Obat Diabetes QnC Jelly Gamat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *