Menurunkan Gula Darah Secara Efektif Sampai Normal

Gula darah (glukosa) merupakan indikator dalam pengelolaan diabetes. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, tidak hanya pada orang dewasa tetapi remaja dapat terjadi. Menurut Prof. harun Rasyid Lubis SpPD KGH menjelaskan bahwa sekitar lebih dari 8 juta orang di Indonesia menderita penyakit diabetes. Hal tersebut merupakan jumlah yang sangat tinggi , dan mungkin kedepannya akan terus meningkat karena gaya hidup masyarakat yang tidak sehat.

Lalu kenapa kadar gula darah bisa meningkat? Gula darah yang tinggi terjadi ketika tubuh tidak dapat mengangkut gula secara efektif kedalam sel. Jika hal ini terus dibiarkan maka akan menyebabkan diabetes atau kencing manis. Pada tahap awal saat kadar gula lebih tinggi sangat membahayakan. Akan tetapi jika mengalami tinggi secara terus menerus maka dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti gagal ginjal, kebutaan, impotensi, dan yang lainnya.

Maka dari itulah menurunkan gula darah sangat penting. Disamping mengkonsumsi obat-obatan dari dokter, terdapat beberapa cara lain yaitu tetap menjaga gaya hidup serta memperhatikan pola makan.

menurunkan gula darah secara efektif

Berikut tips untuk menurunkan gula darah secara efektif dan alami :

1. Mengontrol Porsi Makan

Dengan mengontrol porsi makanan dapat membantu untuk mengatur asupan kalori sekaligus membantu dalam menurunkan berat badan. Dan hasilnya kadar gula akan terkontrol serta terbukti mengurangi resiko diabetes tipe 2.

2. Mengontrol Asupan Karbohidrat

Karbohidrat memang sangat penting bagi tubuh karena berfungsi sebagai sumber utama dalam menghasilkan energi. Tubuh akan memecah karbohidrat menjadi gula sederhana, kemudian insulin akan bekerja dengan cara memindahkan gula dari darah kedalam sel untuk dijadikan sebagai energi.

Tetapi Anda harus memperhatikan asupan karbohidrat dan jangan berlebihan karena dapat membebani kerja insulin yang bisa mengganggu cara kerjanya sehingga akan meningkatkan kadar glukosa darah yang dapat meningkatkan resiko diabetes. Telah dilakukan penelitian bahwa diet rendah karbohidrat dapat membantu dalam mengurangi kadar gula darah serta dapat mencegah meningkatnya gula darah dalam jangka waktu yang panjang. Contoh makanan sumber karbohidrat seperti nasi, minuman manis, roti, ubi, dan lainnya.

3. Perbanyak Asupan Serat

Serat dapat membantu dalam memperlambat pencernaan dan penyerapan gula kedalam tubuh, sehingga dapat mengurangi meningkatnya kadar gula darah serta meningkatkan kontrol gula darah secara keseluruhan.

Ada dua jenis serat yakni serat larut dan tidak larut. Serat larut yang efektif karena telah terbukti dapat menurunkan gula darah. Selain itu dapat membantu dalam mengelola diabetes tipe 1 dengan memperbaiki kontrol gula darah serta mengurangi kadar gula darah. Makanan seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan atau biji-bijian merupakan sumber makanan yang sangat tinggi. Asupan serat tersebut sangat disarankan sebanyak 25 gram bagi wanita, sedangkan 38 gram bagi pria.

4. Olahraga Teratur

Menurunkan kadar gula darah dapat dilakukan dengan berolahraga secara rutin, karena hal tersebut dapat membantu menurunkan berat badan serta meningkatkan sensitivitas insulin. Sensitivitas insulin merupakan kemampuan tubuh dalam merespon insulin yang telah dilepaskan oleh pankreas, dan berfungsi untuk mengolah glukosa sehingga dapat diserap oleh sel-sel tubuh denga baik.

5. Minum Air Putih

Minum air putih dengan cukup merupakan salah satu cara untuk menurunkan gula darah karena dapat membantu ginjal dalam mengeluarkan lebihnya gula darah dengan melalui urine. Salah satu studi obserbasional juga menunjukkan bahwa seseorang yang minum air putih lebih banyak maka memiliki resiko lebih rendah terkena gula darah. Karena hal tersebut dapat membantu untuk menurunkan kadar gula, menghidrasi darah, serta mengurangi resiko diabetes.

Minum air putih secara cukup dalam sehari-hari, serta hindari mengkonsumsi minuman manis secara berlebih terutama minuman kemasan pemanis buatan. Hal ini bertujuan untuk menghindari peningkatan glukosa darah, peningkatan berat badan, serta resiko diabetes.

6. Pilih Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

Indeks glikemik atau The Glycemic Index (GI) yang ditujukan untuk menilai respon gula darah tubuh terhadap makanan yang mengandung karbohidrat. Semuanya dapat mempengaruhi kadar gula darah baik dari jumlah ataupun jenis karbohidratnya. Karena semakin tinggi kadar GI pada makanan maka akan semakin cepat pula meningkatnya kadar gula darah.

Telah terbukti bahwa dengan mengkonsumsi makanan indeks glikemik rendah maka dapat mengurangi kadar gula darah dalam jangka panjang pada penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2. Pada makanan seperti gandum, kacang-kacangan, kacang lentil, kacang polong, jagung, telur, daging, makanan laut, sayuran, serta buah-buahan merupakan makanan dengan indeks glikemik yang rendah.

Menjaga gula darah supaya tetap stabil merupakan salah satu cara terbaik yang dapat kita lakukan supaya terhindar dari berbagai resiko gangguan kesehatan. Bila perlu kontrol dengan rutin kadar gula darah Anda, dan ketik kadar gula tinggi Anda dapat mencoba beberapa tips diatas untuk menurunkan kadar gula darah Anda. Tidak lupa untuk selalu menerapkan pola hidup yang sehat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat !

KLIK CARA PEMESANAN OBAT GULA DARAH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *