Mengatasi Pusing Akibat Darah Rendah Dengan Cara Alami

www.tokoaryanto.com – Hipotensi adalah suatu keadaan saat tekanan darah didalam arteri lebih rendah dibandingkan dengan normal dan biasa disebut dengan tekanan darah rendah. Ketika darah mengalir dengan melalui arteri, maka darah akan memberikan tekanan pada dinding arteri, dan tekanan itulah yang dinilai sebagai ukuran kekuatan aliran darah atau biasa disebut dengan tekanan darah.

pusing akibat darah rendah

Akibat terhambatnya atau terbatasnya jumlah darah yang mengalir ke bagian otak dan organ vital lainnya seperti ginjal dapat terjadi jika tekanan darah terlalu rendah, sehingga dapat menyebabkan kepala akan terasa pusing dan ringan. Tubuh pun akan terasa tidak stabil, bahkan bisa hilang kesadaran. Hal tersebut mungkin disebabkan karena kurang minum, kurang tidur, atau haid yang tidak normal.

Apabila kondisi tersebut dibiarkan secara terus menerus maka tekanan darah akan mencapai batas terendah yaitu 90/60 mmHg.

Berikut Gejala Hipotensi atau Darah Rendah

Tidak semua orang akan mengalami hipotensi dan akan merasakan gejala. Kondisi tersebut juga tidak selalu memerlukan perawatan. Jika tekanan darah cukup rendah, maka kemungkinan akan menimbulkan gejala seperti berikut :

– Pusing
– Lemas
– Jantung berdebar kencang atau tidak teratur
– Kehilangan keseimbangan
– Pandangan buram
– Napas pendek atau cepat
– Mual
– Pingsan
– Dehidrasi

Apabila Anda mengalami kondisi tersebut, maka alangkah baiknya dapat Anda lakukan sebagai berikut :

Kopi Hitam

Anda dapat meminum secangkir kopi hitam tanpa susu, karena dapat membantu untuk meringankan pusing dengan cepat.

Minum Air Garam

Bagi orang yang mengalami darah rendah, juga dapat mengonsumsi makanan asin hingga darahnya mendekati kisaran normal. Atau jika perlu, konsumsi air garam untuk meningkatkan tekanan darah secara alami.

Minum Susu Dengan Kacang Almond

Merendam sebanyak 7 butir kacang almond kedalam semangkuk air dan kemudian didiamkan semalaman. Lalu kupas kulit almond pada keesokan harinya, kemudian haluskan dan tambahkan pasta almond ke dalam segelas susu hangat, dan meminumnya.

Makan Kismis

Caranya sama dengan kacang almond yang dibiarkan semalaman didalam mangkuk. Lalu makan keesokan harinya saat perut masih kosong dengan segelas air.

| Baca juga : Makanan Ibu Hamil Penderita Hipertensi

Minum Air Kemangi

Tumbukkan hingga halus sebanyak 15 daun kemangi, kemudian seduh dengan air hangat dan saring sari-sarinya. Bisa ditambahkan dengan madu kedalam air seduhan tersebut, kemudian minum pada waktu perut kosong supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Minum Jus Bit Mentah

Jus bit mentah yang dianggap sebagai pengobatan alami paling efektif dalam mengatasi tekanan darah rendah. Seseorang yang menderita tekanan darah harus meminum secangkir jus bit dalam dua kali sehari. Untuk melihat peningkatan tekanan darah akan mulai terlihat dalam waktu sekitar seminggu.

Latihan Ringan

Seseorang yang memiliki tekanan darah rendah diharuskn untuk melakukan latihan ringat seperti berjalan kaki, berenang, bersepeda, atau yoga dengan teratur. Untuk orang yang bersangkutan harus mendapatkan sinar matahari serta udara segar bahkan bisa dengan cara menghabiskan lebih banyak diluar rumah.

Perawatan Hipotensi / Darah Rendah

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko hipotensi yaitu membatasi dalam mengkonsumsi minuman keras dan minum air putih yang banyak. Bagi Anda yang menyukai minuman berkafein, maka hindarilah minuman yang mengandung nutrisi tersebut pada malam hari. Untuk mengenai pola makan, maka lebih sering untuk mengkonsumsi makanan dalam porsi lebih kecil dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan yang lebih banyak.

Dalam pengobatan untuk hipotensi harus dilakukan berdasarkan penyebab dasarnya. Dan obat untuk mengatasi hipotensi biasanya diberikan untuk menambah dalam jumlah darah. Apabila Anda sedang dalam menjalani pengobatan, maka alangkah baiknya untuk memeriksa darah secara rutin.

Semoga bermanfaat 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *