Makanan Ibu Hamil Penderita Hipertensi

Makanan Ibu Hamil Penderita Hipertensi – Ternyata tidak sedikit wanita yang sedang hamil mengalami masalah pada tekanan darahnya atau Hipertensi, yang dimana kondisi ini sangat berbahaya bagi ibu hamil karena pada ibu hamil sangat rentan dan sensitif dalam mengalami berbagai hal, dan dalam kasus ini masalah hipertensi pada saat sedang hamil sudah sangat banyak sekali terjadi sehingga pada ibu hamil tersebut tidak bisa melahirkan dengan proses yang normal, bahkan bisa saja akan menyebabkan kematian pada sang bayi.

makanan ibu hamil hipertensi

Pada ibu hamil yang mengalami masalah hipertensi memiliki dua faktor, yaitu faktor essensial dan faktor sekunder.
Pada faktor essensial terjadi karena dari pola hidup sang ibu yang telah dilakukan pada masa kehamilannya seperti kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman alkohol, mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, mengalami stress, atau yang lainnya.
Sedangkan faktor sekunder terjadi karena pada sang ibu memiliki masalah penyakit seperti adanya gangguan jantung atau ginjal yang sedang dialami oleh ibu hamil tersebut.

Untuk para ibu hamil sangat dibutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup supaya pertumbuhan bayinya dapat berkembang dengan baik serta sehat. Namun saat ini banyak ibu hamil yang kurang memperdulikan pada kondisi kesehatan tubuhnya, bahkan tidak jarang juga pada ibu hamil yang mengkonsumsi rokok maupun alkohol, sehingga hal inilah yang menjadi penyebab masalah hipertensi dan dapat mengganggu pada kesehatan sang janin didalamnya.

Ada banyak jenis makanan yang dianjurkan bagi ibu hamil yang memiliki masalah hipertensi. Masalah tekanan darah tinggi ini memang bisa terjadi pada beberapa situasi seperti pada kelainan preklamsia yang menjelang akhir kehamilan. Jika ibu hamil mengkonsumsi makanan yang salah maka akan menyebabkan ibu hamil serta sang janin beresiko lebih besar. Lalu apa saja makanan yang baik bagi ibu hamil yang mengalami tekanan darah tinggi?

Berikut makanan ibu hamil penderita hipertensi :

1. Ikan Kaya Omega 3

Ibu hamil sangat disarankan untuk sering mengkonsumsi ikan yang mengandung zat omega 3. Karena kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan dapat membantu dalam pembuluh darah menjadi lebih santai, menghindari terjadinya peradangan pembuluh darah karena masalah hipertensi, serta dapat memberikan efek yang baik dari tekanan darah tinggi. Namun jenis ikan yang dapat dikonsumsi bagi ibu hamil yaitu ikan yang tidak mengandung merkuri seperti ikan tuna dan makarel. Ikan yang baik untuk dikonsumsi untuk penderita hipertensi pada ibu hamil seperti ikan salmon, ikan nila, dan hering.

2. Makanan Rendah Garam

Makanan yang mengandung sodium merupakan makanan yang harus dihindari oleh penderita hipertensi, khususnya ibu hamil. Karena jika mengkonsumsi sodium yang secara berlebihan maka akan menyebabkan tubuh menjadi menyerap banyak cairan, yang akibatnya jantung akan bekerja lebih keras. Apabila hal ini terjadi secara terus menerus maka tekanan darah tinggi Anda akan semakin meningkat.

3. Seledri

Untuk mengatasi tekanan darah tinggi pada saat hamil yaitu dengan mengkonsumsi sayuran seperti seledri dengan cara rutin. Seledri memiliki kandungan zat yang dapat mengontrol tekanan darah pada dalam tubuh. Ibu hamil dapat membuat seledri dengan cara dijadikan jus atau dicampur dengan masakan sehari-hari.

4. Pisang Sumber Potasium

Pisang merupakan salah satu buah yang sangat baik bagi penderita hipertensi. Kandungan kalium yang terdapat pada pisang dapat membantu bagi ibu hamil untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu jga buah pisang akan membantu dalam mengurangi retensi cairan yang biasanya menjadi masalah berat pada ibu hamil dengan masalah hipertensi. Selain pisang, Anda juga dapat mengkonsumsi buah lainnya seperti apel dan alpukat.

5. Jeruk

Semua jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin C sangat baik bagi ibu hamil yang menderita hipertensi. Karena vitamin C berasal dari buah-buahan yang dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan membuat untuk memperluas ruang arteri yang sangat baik juga untuk kesehatan jantung. Buah tersebut seperti pada anggur, kiwi, ataupun kubis.

6. Mentimun

Ternyata mentimun dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan mengkonsumsi sebagai lalap ataupun bisa dijadikan sebagai jus. Mengkonsumsi secara rutin maka tekanan darah tinggi pada ibu hamil akan menurun dengan efektif.

Itulah beberapa makanan yang baik bagi ibu hamil yang menderita tekanan darah tinggi. Anda dapat mengkonsumsi secara rutin untuk dapat membantu dalam mengatasi masalah hipertensi tersebut. Menghindari rokok, alkohol, serta stress supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, yang dapat membahayakan sang ibu serta sang janin. Tidak lupa juga untuk selalu memeriksa pada dokter supaya kita mengetahui kondisi tubuh kita. Semoga bermanfaat 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *