Ketahui Manfaat Minum Jahe Bagi Ibu Hamil

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang dapat dijadikan sebagai obat herbal. Jahe memiliki rasa pedas karena disebabkan oleh senyawa keton yang bernama Zingeron. Rasa pedas inilah yang berperan sebagai menghangatkan tubuh. Selain dijadikan sebagai bahan masakan, biasanya jahe dijadikan sebagai penghangat tubuh seperti minuman berupa bandrek.

manfaat jahe untuk ibu hamil

Selama ini jahe hanya dikenal untuk mengobati masuk angin dan mengobati keseleo. Untuk khasiat pada ibu hamil masih belum banyak diketahui. Karena tidak mengetahui manfaat dari jahe tersebut, maka menjadikan keraguan untuk mengkonsumsinya. Keraguan pada ibu hamil tersebut karena dipengaruhi oleh mitos larangan ibu hamil yang telah beredar di kalangan masyarakat, yaitu jahe dapat membahayakan bagi janin karena rasa panasnya. Namun pada artikel kesehatan ini, kami akan membahas mengenai manfaat jahe bagi ibu hamil.

Kandungan Zat Pada Jahe

Banyak yang menganggap bahwa jahe akan membuat rasa panas pada janin dan perut, maka ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman jahe. Namun anggapan tersebut merupakan salah karena jahe memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Berikut kandungan zat yang terdapat pada jahe :

– Zingeron
Merupakan keton yang akan menyebabkan jahe memiliki rasa pedas serta panas.

– Zat Besi
Manfaat dari zat besi yaitu untuk menaikkan hb tubuh pada ibu hamil.

– Vitamin
Vitamin yang ada pada jahe yaitu vitamin C, vitamin B1 dan vitamin A. Jahe juga memiliki rasa asam meskipun tidak dominan, hal tersebut dikarenakan adanya kandungan vitamin C didalamnya.

– Senyawa Lainnya
Senyawa lainnya yang terdapat pada jahe yaitu senyawa phenol.

– Zat Pencernaan
Enzim yang ada pada kandungan jahe yaitu enzim protease dan lipase.

– Asam folat
Kandungan asam folat sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh ibu hamil.

– Minyak Atsiri
Minyak tersebut akan membuat jahe memiliki aroma yang khas.

Itulah kandungan yang ada pada tanaman jahe yang tidak boleh dianggap remeh.

Berikut Manfaat Jahe Bagi Ibu Hamil

1. Menghilangkan Mual

Ibu hamil sering mengalami mual dan muntah atau yang disebut dengan morning sickness. Untuk mengatasi hal tersebut, ibu hamil dapat mengkonsumsi jahe hangat setiap pagi. Kandungan minyak atsiri dan juga zat zingeron dapat menghilangkan rasa mual. Dengan aroma yang khas juga dapat membuat rasa mual menjadi hilang. Sedangkan zingeron sangat bermanfaat untuk membuat perut menjadi lebih hangat dan nyaman.

2. Menghilangkan Pusing

Pusing akan tidak nyaman bagi ibu hamil. Oleh karena itu sangat dibutuhkan cara yang efektif untuk menghilangkan rasa pusing tersebut. Cara yang mudah untuk mengatasinya yaitu dengan menghirup aroma jahe dalam beberapa menit, kemudian meminumnya.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Pada ibu hamil juga kerap terjadi tekanan darah menjadi tinggi. Untuk itu bagi ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi, maka dapat menurunkannya dengan menggunakan jahe. Hal tersebut karena jahe mampu merangsang pelepasan dari hormon adrenalin serta melancarkan pembuluh darah, dan aliran darah dapat mengalir dengan lancar karena pembuluh darah yang lebar. Selain itu juga pembuluh darah yang lebar maka akan meringankan fungsi jantung.

4. Meredakan Maag Pada Ibu Hamil

Bagi ibu hamil yang mengalami maag dapat mengkonsumsi jahe untuk meredakan dan menurunkan kadar asam lambung pada ibu hamil.

5. Menghindari Gangguan Kehamilan

Gangguan pada kehamilan akan banyak terjadi pada ibu hamil seperti nyeri punggung, pinggang, dan perut. Untuk mengatasi gangguan kehamilan tersebut dapat mengkonsumsi jahe hangat atau bisa juga dijadikan sebagai macam olahan lainnya. Kandungan senyawa pada jahe dapat menghindari serta meredakan gangguan kehamilan.

6. Aroma Terapi

Aroma terapi yang bersifat menenangkan dan juga melegakan. Pada ibu hamil juga membutuhkan suasana yang tenang serta pikiran yang lega. Namun banyak ibu hamil yang tidak mendapatkan ketenangan tesebut. Untuk mencipatkan ketenangan dan juga kelegaan pada ibu hamil dapat menggunakan jahe sebagai aroma terapi, caranya :

  • Dengan menumbuk jahe dan seduh dengan menggunakan air panas.
  • Hirup secara dalam-dalam aroma jahe tersebut.
  • Aroma yang dihasilkan sangat berfungsi untuk menenangkan dan melegakan pikiran ibu hamil.

Jahe yang dikenal dengan nama ilmiah Zingiber Officinale merupakan tanaman yang berkembang dan tumbuh dengan menggunakan rimpang. Jahe telah dikenal sebagai tanaman rempah-rempah untuk pengobatan tradisional, dan memiliki rasa pedas dan panas. Tidak sedikit masyarakat yang menyukai tanaman tersebut karena dapat memberikan manfaat bagi kesehatan bahkan baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun perlu diketahui juga, khususnya bagi ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi secara berlebihan supaya tidak menimbulkan efek samping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *