Ketahui Bahayanya Kekurangan Sel Darah Putih

bahaya kekurangan sel darah putih

Sel darah putih atau yang bisa disebut dengan Leukosit memiliki peranan yaitu sebagai penjaga sistem daya tahan tubuh pada manusia sehingga penyakit tidak akan mudah untuk menyerang. Leukosit juga berperan untuk membantu dalam melawan kalainan yang terdapat pada sumsum, aliran darah, serta sistem limfatik tulang. Oleh karena itu leukosit merupakan bagian yang sangat penting bagi tubuh manusia.

Pada sumsum tulang menghasilkan sekitar 100 miliar leukosit pada setiap harinya. Jumlah dari sel darah putih yang ada didalam tubuh yang sehat ada sekitar 4000-11500 sel per mikroliter darah. Jumlah leukosit pada anak-anak sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa. Sedangkan jumlah leukosit pada bayi yang baru lahir diperkirakan terdapat antara 9000-30.000. Jadi jika jumlah sel darah putih turun dibawah 3000 sel per mikroliter darah, maka akan dapat menyebabkan kondisi yang disebut dengan Leukopenia atau sel darah putih rendah.

Dalam pergerakan sel darah putih diketahui secara ameboid, serta sel darah putih berkemampuan untuk menembus dinding pembuluh darah. Jika sel darah putih berkurang maka akan sangat mudahnya bakteri dan virus dapat menyerang pada tubuh sehingga sangat rentan terkena penyakit terutama penyakit yang disebabkan oleh infeksi. Untuk itu leukosit sangat penting bagi tubuh kita.

Penyebab Kurangnya Sel Darah Putih

Terdapat beberapa penyebab dari tingkat leukosit yang menurun. Penurunan yang drastis akan menjadi hasil dari adanya infeksi bakteri ataupun virus, kanker, kalainan bawaan dari sistem kekebalan tubuh, serta pada sumsum tulang. Berikut beberapa penyebabnya :

– Peradangan atau inflamasi seperti rheumatoid arthritis.
– Kurangnya asupan nutrisi seperti vitamin dan mineral.
– Gangguan pada organ libver atau limpa akibat dari penyakit.
– Sedang menjalani pengobatan medis seperti kemoterapi atau radioterapi.
– Gangguan pada sistem imun atau daya tahan tubuh.
– Hipertiroidisme akibat kelebihan produksi hormon tiroid.
– Reaksi alergi parah karena adanya patigen dalam tubuh.

Berikut bahayanya kekurangan sel darah putih, antara lain :

1. Sistem Kekebalan Tubuh Melemah

Fungsi dari sel darah putih yaitu untuk menjaga kestabilan dari imunitas tubuh, jika sel darah putih berkurang maka akan terjadi penurunan pada sistem daya tahan tubuh kita. Akibatnya tubuh pun akan mudah gampang terserang penyakit, terutama yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

2. Infeksi

Kurangnya sel darah putih maka akan sangat mudah untuk memicu terserang penyakit, bahkan juga akan memperlambat proses penyembuhan sebuah penyakit. Penyakit akan semakin parah sehingga akan memberikan kesempatan untuk bakteri dan kuman untuk berkembang dengan cara ganas. Itulah yang akan terjadi dan dapat membahayakan pada tubuh kita saat kekurangan sel darah putih. Berikut beberapa jenis penyakit yang berada di level serius yang dapat muncul karena adanya suatu bakteri ataupun virus seperti TBC atau Tuberkulosis, Hepatitis, Kolera, Demam berdarah, dan Pneumonia.

3. Campak

Ciri-ciri dari penyakit campak yaitu badan terasa ngilu, demam, muntah, serta munculnya bintik-bintik merah yang disertai dengan diare juga menjadi poin bahayanya kekurangan sel darah putih. Penyakit yang berasal dari virus ini tampak sepele, namun sebaiknya harus segera memeriksanya.

4. Flu

Sepintas flu memang dianggap sebagai penyakit yang sangat ringan karena pada proses penyembuhannya cukup sederhana, hanya dengan cukup minum obat dan tidur. Namun tetap saja hal ini menjadi salah satu bahahanya memiliki kurang darah yang dikarenakan flu, apalagi jika disertai dengan demam.

Cara meningkatkan jumlah sel darah putih

Jumlah sel darah putih yang rendah akan menyebabkan penurunan pada sistem pertahanan tubuh terhadap virus, bakteri, dan kuman. Berikut ada beberapa cara alami yang dapat meningkatkan sel darah putih supaya tidak mudah terserang berbagai infeksi, diantaranya :

1. Diet secara sehat dan mentah

Diet mentah yang dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mentah memang sangat cocok karena dari makanan mentah tersebut dapat terproduksi. Makanan mentah tersebut seperti tomat, kubis, apel, wortel, dan makanan serta sayuran yang memiliki kandungan nutrisi dan gizinya.

2. Menjaga kebersihan

Berkurangnya sel darah putih maka akan membuat tubuh menjadi rentan terhadap serangan penyakit. Oleh karena itu dengan menjaga kebersihan merupakan salah satu keharusan termasuk menjaga kebersihan pada tubuh.

3. Mengkonsumsi minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan yang aman serta terjamin sangat efektif supaya produksi sel-sel darah putih meningkat, hanya dengan satu sendok dalam setiap harinya. Didalam minyak kelapa terdapat vitamin dan mineral yang sangat banyak sehingga tidak hanya mengembalikan jumlah leukosit, namun juga akan menjaga kesehatan tubuh, kulit, dan rambut.

4. Konsultasi Dokter

Dalam mengatasi kekurangan sel darah putih yang berada pada level kronis, maka harus segera hubungi dokter. Apabila jumlah sel darah putih sangat berkurang maka akan membuat berbagai infeksi sangat mudah untuk menyerang pada tubuh. Anda dapat mencari bantuan pada dokter supaya segera melakukan tindakan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *