Kenali Perbedaan Gejala Pilek Akibat Virus dan Gejala Alergi

Toko Aryanto Herbal – Pilek merupakan kondisi yang paling umum terjadi pada siapapun. Penyebab dari pilek ini yang paling utama yaitu karena terkena infeksi virus. Akan tetapi, tahukah Anda ternyata alergi juga bisa menimbulkan pilek? Tidak sedikit orang yang kesulitan untuk membedakan pilek karena virus (common cold) dan pilek akibat dari alergi. Karena pasalnya, dari kedua pilek tersebut memiliki gejala umum yang hampir mirip seperti bersin-bersin, hidung menjadi tersumbat, atau hidung berair. Padahal, terdapat beberapa hal yang dapat membedakan kedua jenis pilek tersebut. Apa saja? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

kenali perbedaan pilek akibat virus dan alergi

Penyebab pilek akibat virus atau alergi

Rhinovirus adalah penyebab terjadinya pilek yang paling umum, sebenarnya masih ada lebih dari 200 jenis virus yang bisa mengakibatkan penyakit ini. Ketika virus penyebab pilek telah masuk ke dalam tubuh, maka antibodi akan langsung melakukan perlawanan, sehingga akan menimbulkan gejala seperti batuk dan juga hidung tersumbat. Lalu dalam hitungan hari, sistem kekebalan tubuh akan bekerja untuk menangkal virus penyebab dari pilek dan akhirnya akan menimbulkan gejala seperti batuk, bersin serta pilek.

Sedangkan pada pilek yang diakibatkan karena alergi disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang memberikan reaksi terhadap zat tertentu. Ketika tubuh terkena zat yang menjadi penyebab dari alergi, maka sistem kekebalan tubuh tersebut akan melepaskan zat kimia yang disebut dengan histamin. Selain berfungsi untuk menangkal zat yang menjadi penyebab alergi, histamin yang telah dilepaskan juga berfungsi dalam menyebabkan gejala terjadinya alergi.

Berbagai hal yang menjadi pemicu terjadinya alergi dapat berasal dari tungau debu, serbuk sari yang berasal dari pohon, bulu binatang, gulma, rumput ataupun makanan. Seseorang dapat dikatakan mengalami pilek dikarenakan alergi jika kondisi pilek yang dialami tidak kunjung sembuh, kecuali dilakukan perawatan atau menghindari sumber dari penyebab alergi.

Berikut ini gejala yang dapat ditumbulkan dari pilek akibat virus atau alergi

Kondisi pilek yang diakibatkan karena virus dan alergi memiliki gejala umum yang hampir sama sehingga cenderung akan sulit untuk dibedakan. Pada umumnya, dari kedua kondisi tersebut bisa menunjukkan gejala seperti bersin-bersin, hidung berair, dan hidung tersumbat. Akan tetapi, ada beberapa perbedaan yang bisa diamati untuk mengetahui apakah pilek tersebut bisa disebabkan oleh virus atau alergi.

1. Waktu munculnya pilek

Biasanya virus penyebab pilek cenderung akan berkembang dan tumbuh lebih banyak saat musim hujan. Pilek ini membutuhkan waktu beberapa hari untuk berkembang setelah terpapar oleh virus. Sedangkan pilek yang disebabkan oleh alergi terjadi setelah tubuh terkena zat yang dapat menyebabkan alergi sehingga akan menimbulkan gejala seperti bersin-bersin, hidung tersumbat dan gejala lainnya yaitu mata yang terasa gatal.

2. Mengalami demam

Pada serangan flu yang akan muncul pada reaksi tubuh yang berupa demam, kenaikan suhu tubuh, mengalami nyeri dan linu disekujur tubuh serta reaksi sakit kepala. Terkadang tubuh akan memunculkan reaksi bengkak pada sistem tiroid yang berada tepat dibelakang telinga.

Sedangkan pada alergi, reaksi demam dan nyeri linu sama sekali tidak akan muncul. Pada beberapa kasus yang terjadi terkadang akan muncul sakit kepala sebagai reaksi sumbatan pada hidung yang berat. Tidak akan terjadi pembengkakan pada tiroid pada belakang telinga atau bersin yang terjadi.

3. Lamanya serangan

Pada umumnya pilek yang diakibatkan oleh virus akan berlangsung selama 3 sampai 14 hari. Sedangkan pilek yang diakibatkan oleh alergi akan berlangsung lebih lama bahkan sampai berminggu-minggu. Namun hal ini tergantung dari kontak Anda dengan zat penyebab dari alergi.

4. Warna cairan di hidung

Saat mengalami pilek yang dialami akibat dari virus, maka lendir yang keluar dari hidung umumnya akan berwarna hijau atau kuning. Tetapi lain halnya dengan pilek akibat dari alergi yang lendirnya tidak berwarna atau jernih.

5. Gatal pada mata dan hidung

Adanya infeksi virus yang menjadi penyebab pilek jarang atau bahkan tidak dapat menyebabkan hidung menjadi gatal dan mata berair. Jika seseorang mengalami kondisi tersebut, maka mungkin Anda sedang mengalami pilek akibat dari alergi yang memiliki tanda-tanda seperti itu.

Baca juga : Obat Pilek Menahun Untuk Anak dan Dewasa Paling Ampuh

Bagaimana cara mengobati kedua kondisi tersebut? Apakah cara pengobatannya sama? Tentu saja berbeda, simak ulasannya berikut ini.

  • Pengobatan pilek akibat virus

Pada kasus yang disebabkan oleh infeksi virus, untuk penggunaan antibiotik tidak dianjurkan untuk mengobati pilek, karena pasalnya antibiotik hanya diberikan apabila pilek disebabkan oleh bakteri. Akan tetapi untuk mengurangi gejala tersebut, Anda dapat mengonsumsi obat-obatan seperti sirup obat batuk atau paracetamol. Dengan mengonsumsi obat-obatan tersebut tetap harus dibarengi dengan banyak minum air putih guna untuk mencegah dehidrasi.

Pastikan juga untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut. Perlu diketahui juga mengonsumsi obat-obat-obatan tersebut tidak dianjurkan untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang karena dapat menyebabkan efek samping. Selain itu juga, dengan melakukan pengobatan sendi seperti banyak minum air putih, jus atau teh herbal, atau yang berbahan dasar alami seperti vitamin D, vitamin C dan yang mengandung zink.

  • Pengobatan pilek akibat alergi

Sementara untuk pengobatan pilek akibat dari alergi yaitu dengan menggunakan antihistamin (allegra, benadryl dan zyrtec). Untuk cara kerjanya yaitu dengan menghalangi reaksi histamin terhadap alergen sehingga dapat mengurangi gejala pilek akibat alergi. Jika kondisi alergi cukup parah, sebaiknya segera periksakan pada dokter guna untuk membantu meringankan hidung yang tersumbat karena gejala alergi.

Bagi Anda yang sedang mencari obat herbal untuk mengobati pilek akibat infeksi virus maupun akibat alergi, kami memberikan rekomendasi untuk Anda yaitu Obat Herbal QnC Jelly Gamat.

toko aryanto herbal

QnC Jelly Gamat sangat cocok digunakan bagi Anda sebagai solusi terbaik dan paling tepat dapal mencegah sekaligus mengobati berbagai macam penyakit termasuk pilek akibat infeksi virus atau akibat alergi. QnC Jelly Gamat yang terbuat dari bahan-bahan alami terbaik sangat bermanfaat dan mampu dalam mengobati penyakit tersebut. Didalamnya terdapat berbagai kandungan karena terbuat dari bahan utama Ekstrak Teripang Emas yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, serta diproses menggunakan teknologi canggih modern dan diolah oleh para ahli kesehatan dibidangnya masing-masing. Selain itu juga QnC Jelly Gamat telah terdaftar di POM TR Nomor 173301471 dan DEPKES P-IRT Nomor 109321601291-1229 serta bersertifikat HALAL dari MUI sehingga sangat aman dikonsumsi dan tidak akan menimbulkan efek samping sedikitpun.

Adanya kandungan antioksidan, anti bakteri, dan anti virus yang terdapat pada Ekstrak Teripang Emas yang mampu menghambat bahkan menghilangkan adanya pertumbuhan bakteri atau virus penyebab dari gangguan pernafasan sehingga menyebabkan pilek akibat infeksi virus ataupun akibat bakteri. Selain itu juga terdapat kandungan essensial yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh dapat bertahan terhadap serangan virus dan bakteri.

Itulah sekilas mengenai Obat Herbal QNC Jelly Gamat untuk mengobati pilek akibat infeksi virus atau akibat alergi. Bagi Anda yang berminat dan ingin memesan produk kami, silahkan kirimkan format pemesanan pada kami. Caranya sangat mudah, KLIK DISINI UNTUK CARA PEMESANAN lebih lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *