Kenali Penyebab Penyakit Vertigo Pada Lansia

www.tokoaryanto.com – Pada umumnya vertigo merupakan gejala yang dipicu oleh gangguan mekanisme keseimbangan pada telinga bagian dalam. Tetapi juga ada beberapa penyakit lainnya yang juga menjadi penyebabnya.

penyebab vertigo pada lansia

Jenis vertigo yang dibagi menjadi dua kategori serta sesuai dengan penyebabnya, diantaranya :

– Vertigo Perifer adalah jenis vertigo yang paling umum terjadi, dan jenis ini dipicu oleh gangguan mekanisme keseimbangan yang terletak di bagian telinga dalam. Gangguan tersebut meliputi libirinitis, vestubular neuronitis, vertigo posisi paroksimal jinak (BPPV), dan penyakit meniere.

– Vertigo Sentral merupakan gangguan atau masalah pada otak kecil (serebelum) yang terletak pada bawah otak besar atau batang otak (bagian bawah otak yang berhubungan dengan saraf tulang belakang) dan berpotensi akan menyebabkan vertigo ini. Penyebab dari vertigo ini meliputi migrain, stroke, sklerosis multipel, dan Transient Ischaemic Atack (TIA), akibat obat-obatan tertentu, dan tumor otak.

Berikut penyebab vertigo pada lansia :

1. Adanya Vertigo Posisi Paroksismal Jinak

Penyebab dari vertigo ini merupakan adanya gangguan keseimbangan pada telinga bagian dalam yang disebabkan oleh gerakan kepala dengan cara mendadak atau gerakan ke berbagai arah seperti mengubah posisi tidur, kepala ketika akan bangun, berbalik, duduk atau yang lainnya. Penyebab kondisi ini yang sering dialami oleh penderita, tetapi bukan hal yang sulit untuk mengatasinya dan bukan termasuk masalah yang berat. Tetapi vertigo harus tetap segera ditangani supaya tidak terus menerus mengganggu pada aktifitas sehari-hari termasuk pada lansia.

2. Migrain

Migrain adalah penyakit yang identik dan banyak dikenal dengan oleh masyarakat luas sebagai penyebab dari penyakit vertigo. Apabila penderita mengalami migrain yang terus menerus maka berlangsung pada indikasi vertigo. Pada beberapa orang masih menganggap migrain yang berlebihan sebagai sesuatu yang mudah, tetapi apabila terus berlanjut maka akan menjadi pemicu kebutaan bahkan hilangnya kemampuan dalam penglihatan dengan tiba-tiba.

3. Obesitas

Memiliki kelebihan berat badan atau obesitas merupakan salah satu penyebab dari vertigo. Akibat dari pola makan yang tidak sehat dan kurang melakukan olahraga, maka berat badan akan mengalami kenaikan bahkan rentan terkena penyakit termasuk vertigo. Memiliki berat badan yang berlebih sangat beresiko terhadap penyakit hipertensi. Selain itu juga akan mengalami perubahan tekanan darah mendadak sehingga akan memicu terjadinya vertigo.

4. Penyakit Meniere

Dari penyebab vertigo lainnya yaitu penyakit meniere. Berbeda dengan Vertigo Posisi Paroksismal Jinak, Meniere menjadi penyebab yang cukup berbahaya bagi penderita vertigo, dan akan beresiko kehilangan pendengaran lebih besar. Penyakit meniere yang merupakan penyakit menjangkit telinga bagian dalam dengan memenuhi telinga dan cairan yang dapat menimbulkan rasa pusing serta mengganggu pada pendengaran.

5. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan seperti pola hidup yang tidak sehat, seringnya mengkonsumsi alkohol, narkoba, penuh polusi, dan yang lainnya juga termasuk dari penyebab vertigo pada usia lanjut. Terlalu seringnya mengkonsumsi obat-obatan pada saat sakit akan menyebabkan penyakit tersebut menjadi berkembang karena dari efek samping bahan kimianya.

Itulah penyebab dari penyakit vertigo yang terjadi pada usia lanjut. Lakukan pola hidup sejak dini supaya terhindar dari berbagai masalah penyakit, atau konsumsi obat herbal untuk mengurangi kondisi penyakit vertigo yang dapat mengganggu kegiatan sehari-hari Anda. Semoga bermanfaat 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *