Ini Penyebab Diare Pada Ibu Hamil Beserta Solusinya

www.tokoaryanto.com – Tidak sedikit wanita hamil mengalami diare saat sedang masa kehamilan. Diare yang dapat menguras cairan pada tubuh sehingga bisa memicu terjadinya dehidrasi. Apabila tidak ditangani dengan baik dan cepat, mka kondisi tersebut akan berdampak serius bahkan bisa menyebabkan kematian. Untuk itu sangat perlu diketahui dalam mengatasi kondisi tersebut, karena ibu hamil tidak diperbolehkan mengonsumsi sembarang obat supaya tidak berpengaruh pada janin yang ada dalam kandungan. Bagaimana cara memilih obat yang tepat untuk ibu hamil saat mengalami diare? Sebelumnya mari kita bahas terlebih dahulu apa penyebab dari terjadinya diare pada ibu hamil.

penyebab diare pada ibu hamil

Seseorang dikatakan diare jika dalam satu hari ia sudah buang air besar minimal sebanyak 3 kali, dan yang dimana kotorannya lebih banyak mengandung air. Pada umumnya diare akan membuat seseorang mengalami dehidrasi yang berkepanjangan, termasuk pada ibu hamil sehingga cukup beresiko bagi kehamilannya.

Berikut penyebab diare pada ibu hamil :

1. Perubahan hormon

Selain bisa mengakibatkan konstipasi, perubahan pada hormon dapat mempercepat sistem pencernaan sang ibu. Dalam keadaan tersebut maka akan membuat diare menjadi sebuah masalah yang cukup serius.

2. Perubahan asupan makanan

Untuk menjaga asupan gizi terhadap janin, banyak ibu hamil yang melakukan perubahan asupan saat ia sedang hamil. Dari perubahan tersebut perut akan menjadi terganggu yang mungkin dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya diare. Tetapi selain pada pola makan yang berubah, mengonsumsi vitamin secara berlebihan ketika sedang hamil juga dapat menjadi pemicu diare.

3. Perubahan kepekaan pada makanan

Ada sebagian ibu hamil yang mengalami perubahan kepekaan terhadap suatu makanan tertentu. Hal ini dapat disebabkan oleh hormon yang berubah sehingga akan menjadikan ibu hamil lebih sensitif pada makanan. Apabila sebelumnya ibu hamil tidak memiliki masalah ketika memakan sesuatu, maka bukan berarti ibu hamil akan merasa mual hanya dengan mencium bau makanan tersebut.

| Artikel terkait :

4. Infeksi bakteri

Tubuh yang terkena infeksi oleh bakteri seperti bakteri parasit dan virus seperti seperti bakteri E. Coli atau Salmonella dalam bahan makanan maka akan menyebabkan tubuh mengalami diare. Maka dari itu lakukan pencegahan dengan mudah seperti mencuci tangan sebelum makan, memisahkan makanan mentah dan matang, mengutamakan bahan makanan yang segar, mengonsumsi makanan yang diproduksi secara higienis, tidak membiarkan makanan tertinggal dibawah sinar matahari atau suhu ruangan dengan terlalu lama, serta menyimpan makanan di kulkas supaya tidak cepat basi.

5. Stres yang berlebih

Ketika ibu hamil mengalami stress, maka akan berpengaruh pada emosi sehingga akan menjadikan perut mulas dan bisa menyebabkan diare. Maka dari itu, ibu hamil harus lebih menenangkan diri dengan melakukan berbagai aktivitas seperti olahraga khusus ibu hamil supaya baik bagi janin dan tubuh ibu.

Saat akan menjelang proses persalinan, mungkin ibu hamil akan semakin sering mengalami diare. Namun hal tersebut merupakan hal yang wajar dan akan sering terjadi pada wanita hamil. Pada keadaan ini mungkin akan terjadi dengan seiringnya tubuh yang sedang mempersiapkan dalam proses persalinan. Akan tetapi, diare juga bukan berarti suatu tanda bahwa proses persalinan sudah dekat, jadi jangan dijadikan frekuensi diare yang semakin sering terjadi sebagai tanda akan proses persalinan.

Lalu bagaimana solusi paling yang aman untuk mengatasi diare selama kehamilan?

Pada umumnya, penderita diare yang serius akan buang air besar sebanyak kurang lebih 5 kali sehari. Hal ini dapat menyebabkan penderita diare menjadi kekurangan cairan. Selain itu juga, diare dapat disertai dengan adanya pendarahan pada fases, muntah, demam, nyeri kepala, kram pada perut, warna urine yang keruh, serta jantung yang berdebar.

Ada beberapa cara untuk membantu dalam mengatasi diare pada ibu hamil supaya mempercepat proses pemulihan, yaitu :

  • ┬áHindari makanan yang dapat memicu diare. Ada beberapa bahan makanan yang dapat memperburuk keadaan diare, yaitu hindari makanan lemak tinggi, makanan pedas, makanan yang digoreng, makanan tinggi serat, dan produk susu.
  • Cegah dehidrasi. Saat dalam kondisi normal, kebutuhan cairan pada wanita hamil akan lebih banyak dibandingkan pada umumnya. Perhatikan asupan cairan Anda karena diare dapat membuang banyak cairan dari tubuh. Dehidrasi dapat terjadi dengan cepat bahkan dapat berakibat serius terutama pada ibu hamil.
  • Konsultasikan pada dokter. Apabila diare tidak kunjung berhenti setelah tiga hari, alangkah baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan pada dokter. Dan perlu diingat untuk menghindari obat diare tanpda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Itulah beberapa cara yang dapat membantu Anda dalam mengatasi diare saat sedang hamil. Meskipun tidak semua wanita hamil mengalaminya, tetapi pada umumnya diare pada ibu hamil terjadi pada semester ketiga kehamilan dengan ditandai adanya tinja encer sebanyak tiga kali ataupun lebih dalam sehari.

Untuk mengobati diare pada ibu hamil secara tepat dan tanpa menimbulkan efek samping, kami merekomendasikan obat herbal QnC Jelly Gamat yang memang sudah terbukti khasiatnya sangat efektif dalam mengobati berbagai penyakit termasuk mengobati diare, bahkan sangat aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

toko aryanto - qnc jelly gamat

QnC Jelly Gamat merupakan obat herbal pilihan terbaik bagi ibu hamil dalam mengatasi diare. QnC Jelly Gamat yang terbuat dari bahan alami terbaik yaitu Ekstrak Teripang Emas yang dipadukan dengan bahan alami lainnya seperti Air RO, Sweetener Stevia, Pengemulsi Nabati, Essen Natural, serta Ekstrak Buah dan Sayur. Dari semua bahan alami tersebut memiliki kandungan yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh, termasuk dalam mengatasi diare ibu hamil.

Salah satu kandungan yang ada pada Ekstrak Teripang Emas tersebut dapat mempercepat penyembuhan luka, karena berfungsi dalam pembentukan jaringan baru dengan waktu yang singkat. Teripang yang memiliki suatu zat tertentu dapat meregenerasi jaringan tubuh yang telah rusak bahkan busuk.

Bagi Anda yang berminat untuk merasakan khasiat dari obat herbal QnC Jelly Gamat, Anda bisa memesan pada kami dengan cara KLIK DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *