Penyebab Luka Tidak Sembuh

Toko Aryanto Herbal –¬†Terjadinya luka lama untuk sembuh dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Pada jenis luka yang susah sembuh ini biasa disebut dengan luka kronis. Kondisi seperti luka ini dinyatakan sebagai kronis ketika sudah pada bersemayam di bagian tubuh lebih dari 12 minggu, tetapi tidak kunjung sembuh.

Namun ada juga luka lainnya yang menggolongkannya sebagai kronis apabila luka tersebut belum juga sembuh meskipun sudah mencapai usia tiga bulan. Biasanya kondisi tersebut disebabkan oleh proses penyembuhan yang terhenti atau terlalu lama pada satu fase tertentu. Misalnya, ada luka yang terlalu lama sembuh dikarenakan pada tahap yang berjalan lebih lama.

faktor yang menyebabkan luka tidak sembuh-sembuh

Luka lama memang membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun untuk bisa sembuh atau bahkan tidak bisa sembuh. Maka tentu saja hal ini akan membuat penderita mengalami stress secara fisik ataupun emosi, maka yang harus diwaspadai yaitu luka jenis ini yang akan menyedot dana dan dapat memperburuk pada sistem kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Apa yang menyebabkan luka lama sembuh?

Ada beberapa faktor yang dapat membuat luka mengalami kesembuhan dalam waktu yang cukup lama, antara lain :

  • Adanya infeksi

Luka lama sembuh dapat disebabkan oleh adanya infeksi. Infeksi terjadi akibat adanya bakteri dan juga virus yang tumbuh pada sekitar luka. Biasanya hal ini dapat menyebabkan luka mengeluarkan cairan atau menjadi basah. Demam juga termasuk dari gejala suatu infeksi yang sering timbul. Jika infeksi tersebut tidak terlalu parah, maka dokter pun akan memberikan resep obat berupa antibiotik. Namun jika luka infeksi tersebut cukup parah, kemungkinan akan dilakukan operasi untuk menghilangkan bagian yang terkena infeksi tersebut.

  • Terganggunya suplai darah atau oksigen

Kondisi luka lama sembuh akan dipengaruhi oleh kondisi buruknya suplai darah atau oksigen yang mungkin saja dapat disebabkan oleh buruknya aliran darah yang dapat menyebabkan kondisi medis seperti diabetes atau usia lanjut. Maka dari itu jumlah oksigen yang tepat sangat krusial yang sifatnya untuk penyembuhan luka yang optimum.

  • Kurang asupan zat gizi

Makanan yang sehat dan juga bergizi dapat berpengaruh untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Karena zat gizi sangat berperan penting dalam proses penyembuhan luka, seperti kandungan protein yang merupakan zat gizi makro yang sangat berguna untuk memperbaiki jaringan dan sel yang telah rusak serta dapat membangun jaringan yang baru. Sedangkan kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin A, B, C, D, kalsium, magensium, seng, dan zat besi merupakan zat gizi mikro yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan luka. Semua zat mikro tersebut dapat membantu tubuh dalam meregenerasi sel dan jaringan yang rusak, menurunkan tingkat peradangan, menjaga sistem kekebalan tubuh supaya tetap normal, dan menguatkan jaringan yang baru diperbaiki.

  • Diabetes

Terjadinya kerusakan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan hipoksia (tidak cukup kadar oksigen untuk memenuhi kebutuhan sel), buruknya pada kemampuan pembentukan pembuluh darah kecil yang baru, mengalami penurunan imunitas bagi penderita dan terjadinya kerusakan saraf yang dapat menyebabkan penurunan sensitivitas terhadap rangsangan sentuhan yaitu hal-hal yang dapat menyebabkan luka pada penderita diabetes lama sembuh.

Ternyata ada beberapa jenis luka lama sembuh

Pada sebagian jenis luka lama sembuh biasanya dikaitkan dengan kondisi penyakit tertentu. Berikut ini terdapat jenis luka yang bersifat kronis, diantaranya :

  • Ulkus kaki diabetik

Pada kondisi ini merupakan salah satu jenis luka yang waktu untuk kesembuhannya lebih lama dari ulkus (luka) kaki diabetik. Terdapat beberapa faktor seperti terjadinya perubahan struktur tulang kaki, penyakit ateroskloerosis pembuluh perifer, dan juga neuropati perifer yang sering dialami oleh penderita diabetes yang dapat menyebabkan luka di bagian kaki diabetik.

  • Ulkus di bagian pembuluh darah

Luka lama sembuh yang diakibatkan oleh berkurangnya pasokan oksigen atau yang biasa disebut dengan ulkus statis vena. Biasanya pada luka ini akan terjadi di area pembuluh darah pada tingkat bawah yang mengalami penyempitan. Berkurangnya pasokan oksigen ini biasanya akan disebabkan oleh terjadinya penebalan sejenis protein yang ada didalam pembuluh darah.

  • Ulkus yang disebabkan oleh tekanan

Jenis luka lama sembuh lainnya yang menjadi keluhan yaitu ulkus karena adanya tekanan. Hal ini terjadi karena kekurangan suplai darah yang disebabkan oleh suatu tekanan yang berkepanjangan pada tonjolan tulang. Pada umumnya luka ini terjadi bagi penderita yang mengalami kelumpuhan atau penderita yang pingsan. Dari kedua kondisi tersebut dapat menjadikan seseorang tidak mampu untuk merasakan atau tidak bisa melakukan suatu perubahan posisi tubuh dalam waktu yang lama.

Maka dari itu luka lama sembuh akan membutuhkan perawatan yang khusus disepanjang proses kesembuhannya, sehingga sangat dibutuhkan pemantauan dari dokter.

Bagi Anda yang sedang mencari obat herbal untuk mengobati atau mengatasi berbagai luka seperti luka bakar, luka gores, luka sayatan, luka bekas operasi, luka gangren, dan luka lainnya, kami memiliki rekomendasi untuk Anda yaitu QnC Jelly Gamat. Karena QnC Jelly Gamat merupakan produk herbal multikhasiat yang dapat mengobati berbagai macam penyakit, termasuk mengobati luka, yang terbuat dari bahan alami dengan menggunakan bahan utama yaitu Ekstrak Teripang Emas yang memiliki banyak kandungan dan sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan sekaligus mengobati berbagai penyakit. Untuk cara pemesanannya, KLIK DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *