Faktor-faktor Pemicu Sakit Perut Pada Bagian Bawah

www.tokoaryanto.com –¬†Nyeri perut bagian bawah dapat dialami oleh perempuan maupun laki-laki. Kondisi seperti ini merupakan sakit yang umum terjadi, dan biasanya dikenal sebagai nyeri pada panggul. Pada perempuan, sakit panggul akan ditunjukkan dengan adanya tanda pada organ reproduksi, sistem pencernaan atau terjadi gangguan muskuloskeletal.

Mungkin Anda akan merasakan nyeri pada saat melakukan buang air kecil atau pada selama aktivitas seksual. Tetapi, nyeri pada bagian panggul bisa muncul secara tiba-tiba, sebentar tapi sangat terasa, bahkan bisa juga mengalami rasa sakit yang terasa lama. Lalu apa yang menyebabkan sakit pada perut bagian bawah?

faktor sakit perut bagian bawah

Faktor Penyebab Sakit Pada Perut Bagian Bawah

Baru-baru ini dokter telah menemukan terdapat beberapa jenis rasa sakit pada perut bagian bawah, khususnya rasa nyeri pada bagian panggul kronis, yang berasal dari jaringan ikat dan otot pada struktur dasar panggul. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang dapat menyebabkan sakit pada perut bagian bawah, antara lain :

1. Radang Usus Buntu (Apendisitis)

Apendisitis adalah peradangan yang terjadi pada usus buntu yaitu suatu jaringan yang berbentuk seperti tabung dengan ukuran panjang 88.9 cm dan memanjang dari usus besar. Salah satu tanda kondisi tersebut yaitu berupa sakit yang samar dekat pusar atau pada bagian perut atas, dan lama-lama akan bergerak dan akan semakin terasa sakitnya pada bagian perut bawah. Rasa nyeri tersebut biasanya menjadi tanda yang pertama kali dirasakan.

2. Kanker Usus Besar

Kanker usus besar yang berawal dari gumpalan sel kecil dan bersifat jinak atau yang disebut sebagai polip adenomatosa. Dengan seiring berjalannya waktu polip ini bisa menjadi kanker usus besar. Salah satu tandanya yaitu rasa sakit pada perut pada bagian bawah dengan berupa kram atau nyeri biasa. Namun selain itu juga penderita bisa merasakan kembung pada perut.

3. Interstital Cystitis

Biasanya disebut dengan sindrom kandung kemih. Hal ini yang merupakan suatu kondisi kronis yang dapat menyebabkan kandungan kemih menjadi sakit dan merasa tertekan. Selain itu juga, penderita akan merasakan nyeri pada bagian panggul. Rasa sakit yang dapat berupa rasa tidak nyaman biasa hingga nyeri yang cukup parah.

4. Hernia Inguinalis

Ketika jaringan yang merupakan salah satu bagian dari organ usus yang menonjol dengan melalui titik lemah pada otot perut. Apabila seseorang mengalami kondisi seperti ini, maka akan mengalami rasa sakit, bahkan saat sedang batuk atau mengangkat benda berat. Biasanya pada gejala tersebut ditandai dengan rasa nyeri pada pangkal paha. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan cara berbaring dan posisi panggul lebih tinggi dibandingkan dengan kepala.

5. Batu Ginjal

Pada penyakit ini dapat menyebabkan berbagai masalah pada saluran kencing. Dimulai dari ginjal bahkan hingga pada bagian kandung kemih. Tanda-tanda yang akan timbul yaitu berupa sakit pada bagian bawah perut dan pangkal paha, urine berubah menjadi warna pink, merah atau coklat, serta sakit ketika sedang buang air kecil.

6. Pembesaran Limpa

Ada banyak faktor yang dapat membuat limpa menjadi membesar atau yang dikenal dengan splenomegali. Pada gejala yang ditimbulkan yaitu berupa rasa sakit atau rasa kenyang pada bagian perut. Hal tersebut dapat disebabkan oleh berupa infeksi yang bersifat bakteri, parasit, dan viral bahkan kanker darah.

7. Prostatitis

Terjadinya pembengkakan atau peradangan pada kelenjar prostat laki-laki dapat menyebabkan sakit pada bagian bawah perut. Selain itu juga dapat merasakan rasa sakit ketika buang air kecil yang disertai dengan demam.

Berikut ini terdapat beberapa gejala yang harus diperhatikan karena bisa menimbulkan masalah, yaitu :

  • Pendarahan pada vagina
  • Kram yang sakit saat menstruasi
  • Mengalami sembelit atau diare
  • Sulit dan sakit saat buang air kecil
  • Perut kembung
  • Demam atau kedinginan
  • Sakit saat melakukan hubungan seksual
  • Nyeri pada bagian pinggang dan nyeri dipangkal paha

Lalu bagaimana cara mengatasi sakit perut bagian bawah?

Ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan dalam mengatasi rasa sakit tersebut, tetapi sebelumnya Anda harus mengetahui akar dari permasalahan tersebut. Berikut ini ada beberapa cara yang untuk meringankan rasa nyeri pada perut bagian bawah, yaitu :

  • Minum yang cukup
  • Hindari makanan yang keras
  • Gunakan bantal kompres panas guna untuk mengatasi rasa sakit
  • Apabila sakit yang disebabkan oleh gas, maka hindari makanan tinggi lemak dan asam
  • Konsumsi sari lemon dan jahe setelah makan guna untuk menghindari efek mual.

Obat Sakit Perut Bagian Bawah

toko aryanto - qnc jelly gamat

Bagi Anda yang sedang mencari obat herbal sakit perut bagian bawah, kami rekomendasikan obat herbal multikhasiat dengan kualitas yang super ampuh dan dijamin keasliannya yaitu QnC Jelly Gamat.

QnC Jelly Gamat yang terbuat dari bahan alami pilihan terbaik yaitu Ekstrak Teripang Emas yang telah banyak orang ketahui bahwa kandungan yang ada didalamnya sangat bermanfaat dan memiliki khasiat yang luar biasa, baik dalam mencegah maupun mengobati berbagai macam penyakit termasuk sakit pada perut bagian bawah.

Tidak perlu khawatir karena QnC Jelly Gamat telah terdaftar di BPOM TR Nomor 173301471 dan DEPKES P-IRT Nomor 109321601291-1229 serta bersertifikat HALAL dari MUI, sehingga sangat aman dikonsumsi dan tidak akan menimbulkan efek samping. Perlu diketahui bahwa QnC Jelly Gamat dapat dokonsumsi oleh semua kalangan usia dari mulai bayi hingga dewasa, bahkan untuk ibu hamil dan menyusui juga aman dikonsumsi karena terbuat dari bahan alami pilihan terbaik. Sudah banyak masyarakat yang telah berhasil dan merasakan khasiat dari QnC Jelly Gamat, dan sekarang giliran Anda. Bagi Anda yang berminat dan ingin memesan produk herbal kami, silahkan KLIK DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *