Dada Sakit Saat Batuk, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Batuk yang merupakan suatu kondisi paling umum yang banyak dialami oleh semua orang. Batuk juga merupakan suatu gejala yang terjadi saat sistem pernafasan sedang ada dalam masalah. Maka tidak jarang, batuk yang berlebihan bisa berdampak pada dada dan perut yang ikut sakit. Dada akan sakit ketika batuk juga dapat mengindikasikan beberapa penyakit tertentu.

penyebab sakit dada saat batuk

Lalu apa saja yang dapat menyebabkan dada terasa sakit saat batuk? Dan bagaimana cara meredakannya?

Berikut beberapa penyebab yang mengakibatkan dada sakit saat batuk

1. Batuk yang berlebihan

Jika mengalami batuk yang sering seperti batuk kering akibat dari tenggorokan yang terasa gatal dan sulit berhenti, maka otot-otot dada bisa mengalami cedera dan terasa nyeri. Jika memang ini penyebabnya, nyeri dada akan berkurang jika frekuensi batuk berkurang.

2. Tuberkulosis

Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya bakteri mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut dapat ditularkan dengan melalui saluran udara. Biasanya kondisi ini dapat menyerang pada paru-paru, tetapi juga bisa menyebar ke bagian tulang, kelenjar getah bening, jantung, sistem saraf pusat, dan pada organ lainnya.

3. Asma

Asma merupakan penyakit yang tergolong kronis yang disebabkan oleh suatu peradangan dalam saluran pernafasan. Pada peradangan ini akan membuat saluran pernafasan menjadi bengkak dan sensitif. Sehingga akan mengakibatkan saluran pernafasan menjadi sempit, dan menyebabkan kurangnya udara yang mengalir ke bagian paru-paru. Maka tidak jarnag, seseorang yang mengalami penyakit ini akan meraskan mengi hingga batuk yang dapat membuat dada terasa sakit.

4. Pnemonia

Pnemonia merupakan suatu infeksi yang disebabkan oleh virus, terutama virus influenza karena adanya virus ini maka akan melemahkan pertahanan paru-paru. Gejala tersebut meliputi demam, menggigil, sesak nafas, batuk, nyeri dada, kelelahan, nyeri otot, dan kurang nafsu makan. Perhatikan juga tanda-tanda lainnya seperti pilek, sakit tenggorokan, iritasi mata, dan gangguan pada saluran pernafasan luar hingga dada terasa sakit ketika batuk.

5. Bronkitis

Bronkitis adalah suatu peradangan pada lapisan saluran bronkial karena adanya infeksi. Bronkus yang merupakan saluran yang membiarkan udara masuk ke dalam dan juga keluar dari paru-paru. Seseorang yang mengidap penyakit tersebut akan sering mengalami batuk lendir yang menebal, bahkan bisa berubah warna. Pada umumnya bronkitis terjadi setelah penyakit flu atau pernafasan lainnya. Bronkitis kronis juga sering disebabkan oleh adanya alergi dan asma yang menimbulkan peradangan dengan jangka waktu yang panang didalam tabung bronkial.

6. Asam Lambung

Penyakit asam lambung merupakan suatu kondisi yang dimana asam lambung mengalir pada sepanjang esofagus atau kerongkongan (saluran yang menghubungkan bagian mulut ke lambung). Pada kondisi tersebut dapat merasakan rasa ataupun sensasi yang terbakar di area dada, atau gejala lainnya seperti batuk jika asam lambung naik serta melukai tenggorokan (saluran nafas).

Bagaimana cara mengatasi dada sakit saat batuk?

Untuk cara mengatasi sakit dada saat batuk, ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan, yaitu :

  • Minum banyak air putih dan menghirup uap panas bertujuan untuk mengurangi penumpukan lendir.
  • Menjaga pola makan yang sehat serta menghindari aktivitas merokok karena dapat membantu untuk meredakan penumpukan lendir.
  • Air hangat yang dicampur dengan madu juga dapat meredakan batuk serta mengatasi bakteri ataupun virus dalam tubuh.
  • Rutin berolahraga merupakan aktivitas positif yang bermanfaat untuk kesehatan dan untuk membantu pencegahan serta pengobatan penyakit secara alami.

Itulah penyebab dada sakit saat batuk dan cara mengatasinya. Dan jika Anda sedang mencari obat yang dapat mengatasi keluhan seperti diatas, kami memberikan solusi terbaik untuk mengobati masalah tersebut yaitu dengan QnC Jelly Gamat.

qnc kemasan baru

Pilihan yang sangat jika Anda memilih QnC Jelly Gamat untuk mengobati sakit dada saat batuk. Karena QnC Jelly Gamat merupakan obat herbal multikhasiat yang dapat mengatasi dada yang terasa sakit ketika batuk secara cepat dan aman.

QnC Jelly Gamat yang memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan, juga dapat membantu dalam pengobatan berbagai macam penyakit termasuk dalam mengobati sakit dada saat batuk. Terbuat dari bahan alami terbaik dan memiliki kandungan sangat banyak sehingga masalah kesehatan dapat diatasi dengan mengonsumsi obat herbal ini.

Telah terdaftar di POM TR Nomor 173301471 dan DEPKES P-IRT Nomor 109321601291-1229 serta bersertifikat HALAL dari MUI. Sehingga sangat aman dikonsumsi dan tidak akan menimbulkan efek samping. QnC Jelly Gamat sangat aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia dari mulai bayi hingga dewasa, bahkan ibu hamil dan menyusui juga aman dikonsumsi.

Jika Anda berminat untuk merasakan khasiat dari QnC Jelly Gamat dan ingin memesan produk tersebut, Anda bisa memesan pada kami dengan cara KLIK DISINI.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *