Cara Meredakan Gatal Pada Tenggorokan Secara Alami

www.tokoaryanto.com – Tenggorokan gatal dapat terjadi karena berbagai sebab, seperti adanya alergi terhadap cuaca atau karena flu. Ada berbagai macam obat alami yang dapat dicoba untuk membantu meredakan tenggorokan yang gatal dan tidak nyaman.

Tetapi, selain karena alergi cuaca dan juga flu, tenggorokan gatal bisa menjadi suatu gejala pada kondisi yang lebih serius seperti tonsilitis atau radang amandel, infeksi streptococcus, atau bahkan infeksi virus ebola. Namun jangan khawatir karena pada umumnya rasa sakit atau gatal pada tenggorokan disebabkan oleh suatu infeksi virus yang biasanya tidak memerlukan penanganan yang khusus dan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 5 hingga 7 hari.

meredakan gatal pada tenggorokan secara alami

Lalu bagaimana cara mengatasi gatal pada tenggorokan secara alami?

Berikut ini terdapat ramuan alami sebagai langkah alternatif untuk meringankan gatal pada tenggorokan, diantaranya :

1. Kumur air garam

Garam merupakan salah satu bahan masakan sebagai penyedap makanan ternyata dapat digunakan untuk mengatasi tenggorokan dengan terasa gatal atau sedang mengalami batuk. Anda bisa menggunakannya sebagai air kumur. Garam berperan untuk menghilangkan panas, karena panas juga dapat menyebabkan tenggorokan menjadi terasa sakit. Selain itu garam juga dikenal sebagai antiseptik yang mampu untuk membersihkan lendir yang ada pada tenggorokan.

Caranya, campurkan garam sebanyak 1 sdt pada secangkir air hangat. Kemudian aduk hingga merata. Gunakan sebagai obat kumur sebanyak 3 kali sehari.

2. Madu

Madu yang dikenal sebagai obat tradisional yang dapat membantu dalam mengatasi masalah batuk berdahak. Selain itu, madu juga memiliki khasiat yang cukup besar guna untuk melawan kuman, bakteri ataupun virus yang menyebabkan daya tahan tubuh menjadi menurun. Menurut penelitian yang sudah dilakukan oleh Penn State College of Medicine, madu memiliki khasiat yang cukup baik. Manfaat madu untuk balita usia 2-18 bulan yang sedang mengalami batuk berdahak, dapat membantu mereka untuk tidur lebih nyenyak setelah diberikan madu. Karena khasiat dari madu ini bekerja dengan lebih baik apabila dibandingkan dengan obat batuk lainnya.

3. Susu dan kunyit

Minum susu yang dicampur dengan kunyit maka dapat membantu untuk menenangkan tenggorokan yang gatal. Selain susu, kunyit juga dapat dicampurkan dengan air. Caranya, rebus terlebih dahulu secangkir susu yang ditambahkan dengan satu sendok teh kunyit. Kemudian minum setiap malam sebelum tidur.

4. Air putih

Kondisi dehidrasi akan menjadikan gatal pada tenggorokan. Ketika dehidrasi, tenggorokan akan kekurangan cairan dan air sebagai pelumas yang mengakibatkan tenggorokan menjadi terasa gatal dan kering. Saat cuaca dingin atau sedang mengalami flu, mungkin akan kehilangan cairan dengan melalui keringat saat demam. Maka dari itu, minumlah air putih sebanyak 8 gelas perhari guna terhindar dari kondisi dehidrasi.

5. Minyak kayu putih

Steaming adalah proses penguapan supaya dapat melancarkan pernafasan dan dapat mengencerkan dahak yang membuat tenggorokan menjadi terasa gatal dan menimbulkan batuk. Pengobatan ini bisa dilakukan dengan cara mencampurkan minyak kayu putih. Caranya, siapkan air panas sebanyak satu ember yang masih ada uapnya. Lalu tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih. Dekatkan hidung dan hirup uapnya. Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya tutup ember dengan handuk agar uap masuk kedalam hidung. Lakukan proses steaming ini selama 10-15 menit.

| Baca juga : Cara Cepat Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak

Sebagai pencegahan dari kondisi gatal pada tenggorokan, Anda bisa melakukan cara-cara berikut ini :

– Hindari kebiasaan buruk

Seringnya minum teh, kopi, soda maka dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat menimbulkan gatal pada tenggorokan. Pada obat-obatan antidepresan serta berbagai jenis narkoba juga dapat menyebabkan dehidrasi sekaligus terjadi iritasi pada tenggorokan. Pada kondisi tersebut juga dapat terjadi oleh para perokok karena rokok bersifat mengeringkan tenggorokan. Oleh karena itu hindari kebiasaan buruk tersebut.

– Memelihara suara

Tenggorokan yang gatal dapat terjadi akibat terlalu seringnya menggunakan suara. Berteriak, bernyanyi atau berbicara dalam jangka waktu yang lama menjadi pemicu tenggorokan gatal. Jika diharuskan untuk bernyanyi atau berbicara karena tuntutan pekerjaan, maka Anda harus dipastikan minum air putih. Karena air putih berfungsi untuk melubrikasi tenggorokan.

– Hindari benda alergen

Tenggorokan gatal menjadi petanda bahwa seseorang mengalami alergi terhadap makanan atau yang lainnya. Jika memiliki alergi yang dapat membuat tenggorokan menjadi gatal, maka hindari pemicunya.

Itulah berbagai cara diatas yang dapat Anda coba guna untuk meredakan rasa gatal pada tenggorokan. Jika cara diatas sudah dicoba dan kondisinya belum mereda, sebaiknya untuk segera konsultasikan pada dokter agar mendapatkan penanganan.

Bagi Anda yang mengalami kondisi tersebut dan sedang mencari pengobatan herbal, kami memiliki rekomendasi untuk Anda yaitu QnC Jelly Gamat.

QnC Jelly Gamat merupakan salah satu obat herbal multikhasiat yang terbuat dari bahan alami Ekstrak Teripang Emas yang memiliki kandungan banyak dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh baik dalam mencegah maupun mengobati berbagai macam penyakit khususnya tenggorokan gatal.

Tidak perlu khawatir karena QnC Jelly Gamat telah terdaftar di BPOM Nomor TR 173301471 dan DEPKES P-IRT Nomor 109321601291-1229 serta bersertifikat HALAL dari MUI, sehingga sangat aman dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang, juga bisa dikonsumsi oleh semua kalangan usia dari mulai bayi hingga dewasa, bahkan ibu hamil dan menyusui juga aman dikonsumsi.

Sudah banyak kalangan masyarakat yang telah berhasil dan merasakan khasiat dari QnC Jelly Gamat. Bagi Anda yang berminat dan ingin memesan obat herbal QnC Jelly Gamat, silahkan KLIK DISINI.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *