Cara Menghilangkan Keloid Dengan Cepat dan Aman

Keloid merupakan salah satu jenis bekas luka yang memang cukup mengganggu pada penampilan karena bentuknya yang tebal dan warna yang kontras dengan kulit disekitarnya. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena banyak cara yang dapat dilakukan untuk membantu menghilangkannya.

mengatasi keloid

Saat kulit terluka, maka akan terbentuk jaringan parut diatas luka untuk membantu dalam memperbaiki dan juga melindungi kulit yang mengalami kerusakan. Pada beberapa kasus, jaringan parut ini akan tumbuh secara berlebihan, sehingga membantuk jaringan halus dan keras yang dinamakan dengan keloid. Ukuran keloid dapat berukuran lebih besar daripada luka aslinya. Biasanya keloid akan muncul pada luka di bagian dada, bahu, pipi, dan cuping telinga. Tetapi, keloid tentu saja dapat muncul pada bagian tubuh manapun. Meskipun keloid tidak berbahaya, namun bagi sebagian orang terutama wanita tentu sangat mengganggu pada penampilan.

Pada umumnya keloid dialami oleh mereka yang memiliki kulit gelap, tetapi tidak menutup kemungkinan juga mereka yang berkulit putih tidak bisa mengalami pembentukan keloid. Lalu seperti apa keloid itu? Berikut ciri-ciri keloid :

  • Berupa bagian yang menonjol pada kulit.
  • Terlokalisir pada suatu area kulit dengan warna seperti kulit, kemerahan, atau merah muda.
  • Kadang terasa gatal
  • Biasanya akan terus tumbuh semakin membesar dengan seiring berjalan waktu.

Meskipun akan terasa gatal, tetapi bekas luka ini tidak akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Mungkin Anda tidak akan merasa nyaman, nyeri, atau mengalami iritasi saat baju menggesek keloid. Pada kasus yang jarang terjadi, Anda dapat mengalami keloid yang cukup banyak pada tubuh. Saat hal tersebut terjadi, maka jaringan keloid yang mengeras akan membatasi pada pergerakan.

Penyebab Munculnya Keloid

Kebanyakan luka pada kulit yang dapat menyebabkan munculnya keloid seperti :

  • Luka bakar
  • Luka gores
  • Bekas jerawat
  • Bekas cacar
  • Luka bekas operasi
  • Luka bekas vaksin
  • Luka tindik

Menurut American Ostepathic College of Dermatology, sekitar 10% populasi masyarakat yang mengalami keloid, yang dengan kemungkinan terjadi pada pria dan wanita yang sama besar.

Lalu bagaimana cara mengatasi keloid?

Wajar bagi Anda yang memiliki keloid dan merasa terganggu serta ingin menghilangkannya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi keloid yaitu :

1. Operasi

Jika Anda memilih cara untuk menghilangkan keloid, maka dokter akan memotong bagian keloid yang kemudian menyuntikkan steroid pada bagian keloid yang dipotong. Pada cara yang satu ini maka akan beresiko timbul keloid lainnya yang akan lebih besar akibat dari pemotongan keloid sebelumnya. Tetapi dokter mungkin akan meminimalisir resiko tersebut seperti melakukan metode radiasi atau suntikan steroid intralesi.

2. Suntikan Kostison (steroid intralesi)

Suntikan ini akan diberikan pada bagian keloid secara rutin satu bulan sekali hingga bagian keloid telah mengempis. Cara ini tergolong cara aman dan tidak menyakitkan. Akan tetapi suntikan ini dapat membuat bagian keloid yang sudah mengempis akan menyisakan warna kemerahan karena dapat merangsang bagian pembuluh darah yang lebih dangkal. Selain itu juga, apabila suntikan ini telah mencapau hasil yang cukup maksimal, maka bekas pada luka kulit tersebut akan terlihat berbeda dengan bagian kulit lainnya.

3. Laser

Penggunaan laser untuk terapi keloid akan lebih efektif untuk meratakan keloid serta mengurangi ruam kemerahan yang ditimbulkan ketika sedang menjalani suntik cortison untuk menghilangkan keloid. Cara ini memang aman dan tidak akan terlalu menyakitkan, dan hanya dibutuhkan beberapa sesi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, hal ini juga menjadi faktor biaya terapi yang sangat mahal.

4. Cryotherapy

Pada cara cyotherapy ini akan membekukan keloid dengan nitrogen cair, dan berdampak meratakan keloid tetapi akan sering kali meninggalkan warna gelap pada kulit.

5. Interferon

Interferon merupakan protein yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh yang dapat membantu melawan virus, bakteri atau ancaman lainnya. Tindakan menyuntikkan interferon pada tubuh ini cukup menjanjikan dan dapat mengurangi ukuran besar keloid tersebut, meskipun hal ini masih belum dapat dipastikan efek yang berlangsung lama. Pada penelitian mengenai pengobatan ini masih berlangsung dengan menggunakan varian metode tersebut, yaitu dengan menyertakan penggunaan Imiquimod topika (Aldara), yang dapat merangsang tubuh.

6. Flourouracil

Obat keloid ini merupakan kemoterapi, yang berfungsi untuk membunuh sel-sel keloid. Pada suntika agen kemoterapi ini secara sendiri atau bersama-sama dengan steroid, yang telah digunakan juga untuk pengobatan keloid.

Guna untuk menghilangkan keloid serta mnegembalikan kepercayaan diri, maka Anda dapat memilih cara diatas, namun sebaiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

 | Cara Pemesanan Obat Keloid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *