Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Haid Secara Alami

Nyeri punggung saat haid merupakan salah satu gejala yang paling umum terjadi pada wanita saat sedang haid. Rasa nyeri yang dirasakan pada bagian punggung ini sebenarnya berasal dari nyeri bagian perut yang menjalar hingga ke bagian punggung sebelah bawah. Ketika sedang haid, maka otot yang berada pada bagian perut akan menjadi tegang akibat dari berkontraksi sewaktu mengeluarkan darah dari dalam rahim. Kontraksi otot tersebut juga akan berpengaruh pada otot-otot yang berada disekitarnya, seperti otot punggung, otot panggul, otot pinggang, dan juga otot bagian paha atas. Baca juga : Penyebab Terjadinya Sakit Kepala Saat Periode Menstruasi

Menurut dr Mahdian Nur Nasution, SpBS menyatakan bahwa rasa nyeri saat menstruasi termasuk kategori ringan. Apabila kondisi tersebut sudah benar-benar mengganggu, dapat dilakukan dengan mengonsumsi paracetamol untuk meredakannya. Sedangkan menurut dr Mahdian, sebanyak 90% wanita mengalami nyeri pada punggung saat sedang menstruasi, dan dapat sembuh hanya dengan mengonsumsi paracetamol, tetapi jika masih terasa sakit sangat disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan kondisi tersebut.

Nyeri otot pada punggung saat sedang menstruasi ini disebabkan oleh meningkatnya hormon prostaglandin menjelang menstruasi. Prostaglandin merupakan hormon yang berfungsi untuk memicu kontraksi otot rahim untuk mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim. Hal tersebut karena peningkatannya relatif tinggi, dan akan menyebabkan otot tubuh yang lainnya berkontraksi, sehingga terjadilah ketegangan otot pada bagian tubuh lainnya termasuk pada otot punggung bagian bawah.

mengatasi nyeri punggung saat haid

Berikut ada beberapa cara dalam mengatasi sakit punggung saat haid secara alami :

1. Konsumsi air putih

Air merupakan salah satu cara yang paling mudah dalam mengatasi beragam gejala menstruasi. Tetapi tidak hanya air putih saja, Anda bisa mendapatkan asupan cairan dari sayuran dan juga buah-buahan yang segar.

2. Istirahat dan relaks

Biarkan tubuh beristirahat dengan santai. Apabila Anda mengalami kondisi tersebut maka tubuh akan lebih mudah menyeseuaikan sehingga rasa nyeri pun akan mereda. Anda dapat melakukan pemijatan pada punggung yang sangat efektif dalam meredakan rasa nyeri. Tetapi jika tidak kunjung sembuh, Anda dapat mengompres dengan air hangat, bertujuan untuk membantu dalam mengatasi nyeri punggung.

3. Stretching

Stretching ringan dapat Anda lakukan selama kurang lebih 10 menit dalam setiap harinya, supaya otot menjadi relaks dan mengurangi ketegangan otot.

4. Konsumsi kunyit

Untuk menghindari nyeri punggung saat sedang haid atau masalah kewanitaan lainnya, maka Anda dapat mengonsumsi minuman kunyit asam dengan cara teratur dan berkala. Karena kunyit dapat menekan suatu peradangan atau inflamasi yang menjadi biang nyeri serta masalah kewanitaan lainnya.

Baca juga : Penyebab Menstruasi Tidak Lancar Dan Cara Mengatasinya

Jika nyeri punggung masih mengganggu, kami akan memberikan solusi aman dan juga ampuh dalam mengatasi kondisi tersebut, yaitu QnC Jelly Gamat.

qnc kemasan baru

QnC Jelly Gamat merupakan obat herbal multikhasiat yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit termasuk nyer punggung saat sedang menstruasi. QnC Jelly Gamat memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tuuh, serta dapat membantu dalam pengobatan berbagai macam penyakit.

QnC Jelly Gamat terbuat dari bahan alami terbaik serta memiliki kandungan yang banyak sehingga berbagai macam masalah kesehatan dapat diatasi dengan mengonsumsi obat herbal QnC Jelly Gamat. Perlu diketahui bahwa, QnC Jelly Gamat telah terdaftar di POM TR Nomor 173301471 dan DEPKES P-IRT Nomor 109321601291-1229 bersertifikat HALAL dari MUI. Maka dari itu QnC Jelly Gamat aman dikonsumsi dan tidak akan menimbulkan efek samping. QnC Jelly Gamat aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia dari mulai bayi hingga dewasa, bahkan untuk ibu hamil dan menyusui juga aman dikonsumsi.

Jika Anda ingin merasakan khasiat dari obat herbal QnC Jelly Gamat ini, Anda dapat memesan pada kami dengan cara KLIK DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *