Cara Cepat Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak

Ketika si kecil merasa sakit saat menelan makanan, tidak mau makan dan rewel, hal tersebut bisa jadi merupakan tanda-tanda radang tenggorokan pada anak. Selain saat akan menelan, tanda-tanda radang tenggorokan pada anak atau faringitis yang berupa tenggorokan terasa kering dan gatal yang disertai dengan sakit kepala, terasa lelah, bahkan nyeri otot.

cara mengobati radang tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan suatu gejala yang sering menyerang pada anak-anak dan remaja yang disebabkan oleh adanya virus. Namun terkadang radang tenggorokan pada anak dapat diakibatkan oleh adanya bakteri.

Radang tenggorokan yang biasa ditandai dengan rasa serak pada tenggorokan dan rasa sakit saat tenggorokan akan digunakan untuk menelan makanan. Selain itu radang tenggorokan juga dapat menyebabkan suara menjadi serak dan sakit. Terlebih jika kondisi tersebut terjadi pada anak-anak, yang akan merasakan kesulitan saat berbicara atau terlihat kehilangan keceriaannya. Lalu apa yang harus dilakukan jika si kecil mengalami radang tenggorokan?

Berikut ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati radang tenggorokan pada anak :

1. Banyak Minum Air Putih

Pada umumnya salah satu cara dalam menangani penyakit radang tenggorokan pada anak-anak yaitu dengan membiarkan untuk mengonsumsi air putih yang banyak. Karena dengan mendapatkan asupan cairan yang cukup makan akan membuat dahak menjadi lebih encer, dapat melembabkan pada saluran tenggorokan serta mencegah terjadinya dehidrasi. Alangkah baiknya konsumsi minuman air putih hangat sehingga tenggorokan akan terasa lebih baik daripada sebelumnya.

Air putih juga dapat membantu melarutkan berbagai macam kuman serta membersihkan tenggorokan dari sisa-sisa makanan yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Bagi anak-anak air putih juga dapat diganti dengan menggunakan air teh, susu, atau makanan yang mengandung kuah. Perlu diingat bahwa kita harus mendapatkan asupan minimal 8 gelas perhari, supaya dapat menghilangkan radang tenggorokan, dan bisa menjadi obat bagi penyakit amandel yang menyerang pada anak-anak. Sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan dalam pencernaan pada anak.

2. Konsumsi Madu

Telah kita ketahui bahwa madu sanat bermanfaat yang bahkan sering digunakan untuk meredakan berbagai macam penyakit. Madu yang memiliki rasa manis dan enak sehingga banyak orang yang menyukainya. Madu juga dapat digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Menurut penelitian, madu memiliki efek anti bakteri, anti virus, dan anti jamur. Khasiat dari madu ini bisa melegakan tenggorokan yang sedang sakit. Sebagai obat sakit radang tenggorokan, madu dapat dikonsumsi dengan cara langsung ditelan sebanyak satu sendok makan atau juga dapat dilarutkan kedalam segelas air hangat. Perlu diketahui, madu sangat tidak dianjurkan bagi anak dibawah usia satu tahun.

3. Konsumsi Lemon atau Jeruk Nipis

Lemon dan jeruk nipis yang dari dulu dikenal sebagai bahan yang dapat melegakan tenggorokan serta mengobati radang tenggorokan, karena memiliki kandungan astringen, antioksidan, dan vitamin C yang dapat membantu tubuh dalam melawan infeksi, mengencerkan dahak yang kental, dan membunuh kuman. Selain itu juga, lemon dan jeruk nipis mengandung nutrisi yang dapat memberikan nutrisi bagi tubuh sehingga tidak akan mudah lelah. Cara penggunaannya dapat digunakan sebagai obat kumur atau bisa dicampurkan kedalam minuman. Cara untuk berkumur yaitu campurkan sebanyak dua sendok makan lemon dan jeruk nipis kedalam air, kemudian gunakan larutan air tersebut untuk berkumur. Lakukan cara tersebut hingga sakit mereda.

4. Berikan Obat Antibiotik

Untuk cara menyembuhkan penyakit radang tenggorokan pada anak, Anda dapat memberikan obat antibiotik. Tetapi obat tersebut hanya dapat diberikan pada anak yang mengalami radang tenggorokan yang disebabkan oleh adanya infeksi dari bakteri streprokokus atau jenis bakteri lainnya.

5. Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup merupakan hal yang penting bagi semua orang, terlebih bagi anak-anak. Karena hal tersebut dapat membantu mengatasi sakit pada tenggorokan. Aktivitas pada anak yang terlalu berat dapat mempersulit tubuh dalam melawan infeksi kuman pembawa penyakit. Dengan istirahat yang cukup maka energi tubuh juga dapat dialokasikan untuk melawan infeksi. Ketika si kecil sedang mengalami kondisi tersebut, pastikan anak-anak memiliki waktu untuk tidur siang, dan jangan biarkan si kecil melakukan aktivitas yang berlebihan.

Dari semua cara diatas dapat diterapkan pada kondisi radang tenggorokan akibat bakteri. Radang tenggorokan pada anak yang disebabkan oleh virus dapat sembuh tanpa adanya pengobatan yang serius, tetapi jika radang tenggorokan tidak kunjung menghilang dalam beberapa hari, dan terjadi demam, sulit untuk bernafas, leher terasa kaku ataupun bengkak, alangkah baiknya untuk segera konsultasikan pada dokter supaya mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

qnc kemasan baru

Jika Anda sedang mencari obat yang paling aman dalam mengatasi radang tenggorokan, kami memerikan solusi terbaik untuk Anda yaitu dengan mengkonsumsi QnC Jelly Gamat, yang merupakan salah satu produk herbal multikhasiat yang mampu mengobati sekaligus mengobati berbagai macam penyakit termasuk radang tenggorokan. QnC Jelly Gamat sangat aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia dari mulai bayi hingga dewasa, bahkan ibu hamil dan menyusui juga aman dikonsumsi. Sudah banyak kalangan masyarakat yang merasakan khasiat dari QnC Jelly Gamat tersebut. Untuk cara pemesanan lebih lengkap obat herbal QnC Jelly Gamat, silahkan KLIK DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *