Cara Aman Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Pada sebagian wanita hamil dapat mengalami pembengkakan pada bagian tubuhnya atau ederma. Pembengkakan tersebut biasanya terjadi pada kaki, sehingga ibu hamil menjadi tidak nyaman dan sulit dalam melakukan aktivitasnya.

Kaki bengkak pada saat hamil merupakan hal yang wajar bahkan normal. Pada umumnya ibu hamil akan mengalami pembengkakan pada bagian lutut ke bawah. Selain itu juga dapat terjadi pembengkakan pada wajah atau tangan. Kondisi tersebut terjadi karena saat sedang hamil, maka mengalami perubahan kadara hormon. Dari pelepasan hormon-hormon selama masa kehamilan maka dapat memicu tubuh dengan menahan lebih banyak cairan dan sodium (garam).

cara aman kaki bengkak saat hamil

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

Banyak hal yang menyebabkan ibu hamil mengalami kaki bengkak, dan berikut beberapa penyebab kaki bengkak yang perlu diketahui :

Beban yang berat

Pembengkakan pada kaki dapat diakibatkan oleh kaki yang menerima beban lebih berat dibandingkan dengan sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan ketika sedang hamil. berat badan ibu yang meningkat karena dengan perkembangan sang janin. Berat badan yang meningkat dapat membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih membebani kaki, yang menanggung beban badan yang mengalami pembengkakan.

Aliran darah tidak lancar

Salah satu hal yang dapat menyebabkan kaki menjadi bengkak pada saat hamil yaitu terjadinya pembuluh darah yang terdapat pada kaki menjadi tersumbat dan terhambat. Pembuluh darah yang mengalami penyumbatan tersebut menyebabkan aliran darah pada jantung mengalami gangguan, sehingga akan menimbulkan pembengkakan pada kaki. Aliran darah yang tidak lancar akan menjadi faktor terjadinya hipertensi dalam kehamilan yang harus diwaspadai.

Kurang gerak

Pada ibu hamil dengan usia 24 minggu ke atas yang tidak banyak gerak atau kebanyakan duduk akan menyebabkan pembengkakan pada kaki. Hal tersebut dikarenakan aliran darah menjadi tidak lancar sehingga akan mengalami pembengkakan. Oleh karena itu sangat dianjurkan olahraga senam karena sangat baik dilakukan saat sedang tengah hamil tua.

Kaki terdapat banyak cairan

Pada masa kehamilan, rahim akan semakin membesar, dan hal tersebut disebabkan karena adanya cairan yang tertimbun didalam kaki 30% lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya. Penimbunan cairan tersebut akan menyebabkan kaki bengkak ketika hamil.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak

Ada beberapa cara aman yang dapat dilakukan untuk mengatasi pembengkakan pada kaki ketika sedang hamil, diantaranya :

1. Menghindari posisi berdiri dalam jangka waktu yang lama. Pada masa kehamilan memasuki trimester ketiga, sangat dianjurkan untuk tidak berdiri lama apalagi sampai kaki terasa pegal, karena kaki pegal akan menimbulkan aliran darah tidak lancar dan otot pun akan mengalami kelelahan.

2. Membiasakan posisi duduk dengan kaki lebih tinggi dari posisi jantung, karena akan dapat membantu dalam melancarkan aliran darah di bagian kaki.

3. Usahakan untuk posisi tidur miring ke sisi kiri, karena akan mengurangi tekanan tubuh pada pembuluh darah balik yang posisinya ada pada tubuh bagian kanan.

4. Biasakan untuk memberikan ganjalan pada kaki saat sedang tidur sehingga posisi kaki akan lebih tinggi dari kepala dan jantung.

5. Melakukan peregangan atau strectching dengan rutin dengan melakukan gerakan ringan seperti menggerakan pergelangan kaki dan melingkari atau menekukkan kaki supaya aliran darah menjadi lancar sehingga pembengkakan dapat berkurang.

6. Mencoba aktivitas berenang saat hamil karena daya apung air didalam kolam akan mengangkat bayi yang ada dalam rahim supaya memperlancar aliran darah bagian kaki.

7. Menerapkan pola makan sehat, perbanyak untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan serta hindari makanan yang asin-asin. Karena hal tersebut sangat dianjurkan untuk mencegah sekaligus mengatasi terjadinya pembengkakan kaki saat hamil.

8. Gunakan kaos kaki atau alas kaki yang nyaman supaya kaki tidak terlalu tertekan.

Pada umumnya pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki saat hamil bersifat tingan dan tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi apabila pembengkakan muncul secara tiba-tiba pada bagian wajah, sekitar mata atau lengan, maka hal tersebut bisa menjadi suatu tanda atau kondisi medis pada ibu hamil yang mungkin lebih serius dan memerlukan pengobatan yang khusus, untuk itu segera konsultasikan pada dokter supaya mengatahui apa penyebabnya.

Obat Kaki Bengkak Ibu Hamil QnC Jelly Gamat

QnC Jelly Gamat merupakan produk kesehatan yang sangat aman bagi ibu hamil dan mampu mengatasi pembengkakan pada kaki secara alami. QnC Jelly Gamat sangat direkomendasikan untuk ibu hamil karena bahan dasarnya terbuat dari bahan alami yaitu ekstrak teripang emas dan ekstrak buah dan sayur.

qnc jelly gamat baru

Kandungan yang ada pada QnC Jelly Gamat mampu memperbaiki keseimbangan hormon serta pembuluh darah ibu hamil dengan cara alami. Daftar kandungan tersebut diantaranya :

  • Protein
  • Kolagen
  • Gamapeptide
  • Lektin
  • Saponin
  • Asam amino essensial
  • Vitamin
  • Omega 3, 6 dan 9
  • Mukopolisakarida
  • Mineral
  • dll

QnC Jelly Gamat telah terdaftar di DEPKES P-IRT Nomor 109321601291-1229 dan POM TR 173301471 serta bersertifikat HALAL dari MUI, maka dari itu ibu hamil tidak perlu ragu dalam mengkonsumsi QnC Jelly Gamat.

>> Cara Pemesanan QnC Jelly Gamat <<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *