Cara Alami Mengatasi Jerawat Pada Masa Kehamilan

Jerawat merupakan salah satu keluhan yang umum pada masa kehamilan. Bahkan pada lima dari sepuluh ibu hamil mengalami kondisi jerawat yang sangat parah. Dan inilah yang menyebabkan pada ibu hamil akan seringkali khawatir jika jerawat akan merusak pada wajah dan meninggalkan bekas jerawat. Namun ibu hamil harus berhati-hati dalam penggunaan obat atau cream jerawat saat sedang hamil karena akan bermasalah pada pertumbuhan kembang janin.

Pada tiga bulan pertama kehamilan, ibu hamil akan mengalami peningkatan hormon. Dan hal ini dapat memicu timbulnya jerawat pada ibu hamil. Tetapi Bunda tidak usah khawatir, karena ada cara yang aman dilakukan untuk mengusir jerawat tersebut.

mengatasi jerawat pda ibu hamil

Peningkatan hormon androgen bertanggung jawab atas munculnya jerawat. Hormon ini dapat merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak yang dinamakan sebum. Jerawat akan muncul saat sebum bercampur dengan sel kulit mati, sehingga dapat menutup pori-pori kulit serta akan memicu bakteri berkembang dengan cepat. Seperti yang telah kita ketahui bahwa apapun yang menyentuh pada tubuh ibu hamil maka akan mempengaruhi pada janin. Untuk itu sangat hindari dalam pengobatan jerawat dengan yang berbahan kimia.

Berikut beberapa bahan kimia yang tidak aman bagi ibu hamil :

1. Isotretinoin

Pada zat ini sangat berbahaya termasuk pada masa kehamilan karena dapat menyebabkan cacar lahir yang sangat serius. Bahkan pada wanita yang sedang ada dalam masa subur maka harus memakai alat kontrasepsi.

2. Hindari Terapi Hormon

Terapi hormon ini berhubungan dengan hormon estrogen dan anti androgen flutamide serta spironolactone karena memiliki dampak pada pertumbuhan kembang janin.

3. Tetracyclines

Zat yang dapat menghambat pada pertumbuhan tulang sang janin serta mengubah warna pada giginya secara permanen. Jenis ini termasuk pada antibiotik seperti doxycycline, minocycline, dan tetracycline.

4. Retinoid

Jenis ini termasuk pada tretinoin, tazarotene, dan adpalene. Meskipun menurut beberapa penelitian bahwa tingkat penyerapan zat pada kulit tergolong rendah, namun tetap saja ada kekhwatiran bahwa zat tersebut dapat meningkatkan resiko bayi lahir dengan cacat.

Cara Alami Atasi Jerawat Saat Hamil

Cara paling aman dalam melakukan perawatan kulit yang baik yaitu dengan menggunakan bahan alami, termasuk pada ibu hamil dan tanpa menggunakan obat, diantaranya :

  • Madu

Dengan menggunakan madu dapat menyejukkan pada kulit, karena didalamnya mengandung zat antiseptik dan antibakteri. Cara penggunaannya cuci terlebih dahulu wajah dengan air hangat hingga bersih, kemudian oleskan madu pada area yang diinginkan. Diamkan kurang lebih 30 menit, setelah selesai bilas dengan air hangat.

  • Lemon

Lemon mengandung zat yaitu alpha hydroxy acid (AHA). Zat tersebut mampu membuang sel-sel kulit mati dan dapat membantu untuk membuka pori-pori yang tersumbat. Untuk mendapatkan khasiat dari buah lemon yaitu, celupkan kapas pada perasan lemon tersebut kemudia oleskan pada jerawat dan diamkan sampai kering, lalu bilas menggunakan air hangat.

  • Backing Soda

Manfaat dari backing soda yaitu mampu untuk memproduksi kolagen kulit, yang dimana manfaat dari kolagen yaitu mampu menghaluskan kulit serta mempercepat dalam penyembuhan jerawat. Backing soda juga mempunyai sifat anti-inflamasi yang bermanfaat dalam menyembuhkan peradangan jerawat dan dapat menyembuhkan terjadinya kemerahan dan juga pembengkakan pada jerawat. Caranya campurkan 1 sdt backing soda dengan 1 sdt air kemudian aduk hingga hingga menjadi pasta. Oleskan pasta pada area kulit yang terdapat jerawat. Diamkan kurang lebih 20 menit , dan cuci dengan air bersih.

  • Minyak Kelapa Murni

Bahan alami ini memiliki zat anti jamur serta antibakteri yang mampu mengatasi jerawat. Selain itu juga dapat menyejukkan kulit. Dengan menggunakan minyak kelapa sebelum tidur lebih baik dibanding dengan penggunaan pelembab.

  • Tomat

Tidak hanya dijadikan sebagai bahan masakan saja, tomat juga sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai perawatan alami yaitu sebagai penghilang jerawat karena memiliki kandungan yang sangat banyak serta sangat aman bagi ibu hamil. Kandungan yang ada pada tomat yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B6, C, dan K yang memiliki peran masing-masing dalam menyehatkan kulit bahkan pada proses penyembuhan jerawat. Tomat mampu memperbaiki kulit yang rusak sehingga jerawat akan lebih cepat hilang. Caranya iris tipis-tipis, kemudian tempelkan pada area kulit yang terdapat jerawat, diamkan selama kurang lebih 1 jam. Lalu bilas sampai bersih.

Membersihkan wajah dengan benar memang harus diterapkan, namun juga jangan terlalu berlebihan dalam mencuci wajah. Hindari untuk menyentuh atau memencet pada jerawat supaya untuk menghindari iritasi dan memperparahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *