Bahayanya Penyakit Alergi Pada Ibu Hamil

bahaya alergi pada ibu hamil

Bahayanya Penyakit Alergi Pada Ibu Hamil – Alergi memang menjadi suatu hal yang sangat mengganggu pada kehidupan seseorang, termasuk pada ibu hamil. Pada masa kehamilan ibu harus benar-benar menjaga kesehatan untuk mencegah yang mungkin terjadi pada masa kehamilan.

Alergi adalah suatu bentuk reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap adanya suatu benda asing yang masuk kedalam tubuh, dan terkadang dianggap cukup berbahaya meskipun sesungguhnya tidak. Pemicu alergi biasa disebut dengan Alergen. Karena hal ini bisa saja terjadi karena semua sesuatu hal yang dapat bersentuhan ataupun masuk ke dalam tubuh. Tetapi alergen hanya dapat mempengaruhi pada seseorang yang memiliki penyakit alergi saja. Ada banyak hal yang menjadi pemicu terjadinya reaksi penyakit alergi, seperti pada makanan, obat-obatan, bulu-bulu hewan, gigitan serangga, debu, atau serbuk sari.

Gejala Alergi

Munculnya penyakit alergi pada masa kehamilan merupakan gejala yang paling banyak ditemukan. Berikut beberapa macam bentuk alergi, diantaranya :

– Kelainan pada kulit dengan gejala yang ditimbulkan seperti gatal-gatal dan kemerahan.

– Kelainan pernafasan yang ditimbulkan seperti batuk dan disertai hidung meler.

– Kelainan pencernaan yang ditimbulkan seperi diare, nyeri perut, dan konstipasi.

– Terganggunya fungsi mata dengan terlihat langsung seperi mata merah, berair, gatal, belekan, serta terdapat warna yang kehitaman pada bagian bawah mata dan juga bintitan.

Gejala dari penyakit alergi memang tidak dapat diatasi dengan 100%, tetapi dengan timbulnya alergi tersebut masih bisa dikontrol agar tidak dapat mengganggu pada aktifitas keseharian. Dengan cara mengenali faktor pencetus alergi yang telah masuk pada tubuh Anda.

Berikut faktor pencetus alergi pada ibu hamil :

Pada dasarnya alergen ataupun benda yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit alergi memang berbeda-beda dan penyebabnya juga sangat banyak seperti yang telah dijelaskan diatas tadi. Makanan yang merupakan menjadi salah satu faktor paling sering penyebab terjadinya alergi, dan hal ini telah diungkapkan oleh Boyke. Jenis faktor pencetus alergi makanan seperti telur, kacang tanah, makanan laut, susu, dan gandum.

Di Negara Amerika mengalami peningkatan terjadinya penyakit alergi terhadap makanan dalam waktu 10 sampai 20 tahun terakhir ini. Maka dari itu bagi ibu hamil sangat perlu diperhatikan dengan benar-benar dalam memilih atau mengkonsumsi jenis makanan.

Tidak hanya pada alergen yang menjadi penyebab dari penyakit alergi, tetapi ada juga faktor lain yang juga ikut berperan dalam menjaga kesehatan lingkungan serta menjaga kebersihan diri sangatlah penting untuk dilakukan pada ibu hamil. Karena ibu hamil sangat beresiko lebih besar terjangkitnya suatu infeksi dan mempunyai bakat alergi. Maka dari itu kebersihan sangatlah penting.

Dan yang terakhir untuk ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit alergi sangat dianjurkan untuk menghindari rasa stres, karena kondisi tersebut akan menurunkan sistem kekebalan tubuh serta akan meningkatkan pelepasan zat kimia yang berhubungan dengan penyakit alergi.

Selain itu juga sangat diperhatikan dari pantangan ibu hamil, karena bisa saja dengan terjadina alergi akan dapat memicu dari timbulnya stres yang dapat mengganggu pada kehamilan. Serta sangat disarankan untuk selalu berkonsultasi pada pihak dokter kandungan supaya Anda mengetahui perkembangannya dan cara pengobatannya.

Semoga informasi dari Bahayanya Penyakit Alergi Pada Ibu Hamil dapat bermanfaat untuk semuanya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *