Atasi Rasa Mudah Lelah Bagi Penderita Diabetes

www.tokoaryanto.com –┬áRasa lelah memang dapat disebabkan oleh banyak hal. Tidak hanya disebabkan oleh kurang tidur atau banyaknya aktivitas fisik, tetapi kelelahan juga sangat mudah dirasakan oleh para penderita diabetes. Diabetes dan kelelahan memiliki hubungan yang erat sehingga akan membuat hidup para penderita diabetes menjadi kurang nyaman. Lalu apa yang membuat penderita diabetes merasa mudah lelah? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Menurut penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2015 bahwa hubungan antara diabetes dan tingkat kelelahan dengan melalui survey kualitas tidur. Sebanyak 31% orang yang menderita diabetes tipe 1 memiliki kualitas tidur yang buruk. Sedangkan penderita diabetes tipe 2 lebih banyak merasa kelelahan tepatnya 42%.

Sementara menurut penelitian lainnya juga melaporkan bahwa terdapat sekitat 40% bagi penderita diabetes tipe 1 mengalami kelelahan hingga lebih dari enam bulan. Tingkat kelelahannya cenderung cukup parah sehingga akan berdampak pada aktivitas sehari-hari serta kualitas hidup para penderita diabetes. Jadi dapat kita simpulkan bahwa kelelahan dapat terjadi pada semua jenis diabetes baik tipe 1 maupun tipe 2.

atasi rasa mudah lelah bagi penderita diabetes

Penyebab Diabetesi Mudah Lelah

Menurut dr. Joel Zonszein yaitu seorang direktur Clinical Diabetes Center di University Hospital of the Albert Einstein Collage of Medicine New York menyatakan bahwa penyebab paling umum yaitu penderita diabetes mudah lelah adalah karena kadar gula yang tinggi.

Kadar gula tinggi bisa menyebabkan dehidrasi, maka kondisi dehidrasi akan membuat penderita diabetes merasa lelah. Selain itu juga dehidrasi dapat terjadi akibat penyakit ginjal yang merupakan salah satu komplikasi diabetes. Kondisi kelelahan yang merupakan akibat dari ketidakseimbangan antara tingkat glukosa darah dan insulin yang beredar didalam tubuh. Perlu diketahui bahwa insulin sangat dibutuhkan untuk mengangkut glukosa dari darah pada sel tubuh yang nantinya akan digunakan sebagai energi. Apabila diabetes tipe 1 kadar insulinnya tidak cukup atau diabetes tipe 2 tidak bekerja secara efektif maka hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya hiperglikemia atau gula darah tinggi. Sehingga mengakibatkan glukosa yang ada dalam darah tidak bisa masuk ke dalam sel, dan tubuh pun tidak dapat menerima energi.

Pasalnya kelelahan kronis dapat disebabkan oleh beberapa hal lainnya, yaitu :

1. Hipotiroidisme

Seseorang yang menderita diabetes sangat beresiko terkena penyakit tiroid, terutama hipotiroidisme, yaitu adanya penurunan aktivitas kelenjar tiroid dalam menghasilkan hormon. Kondisi tersebut juga bisa membuat penderita diabetes menjadi merasa lelah.

| Cara Pemesanan Obat Diabetes QnC Jelly Gamat

2. Terjadi komplikasi diabetes

Komplikasi diabetes akan menjadi faktor tambahan yang dapat menyebabkan penderita menjadi cepat lelah. Saat seseorang menderita diabetes tipe 2 dan sudah lama menderita penyakit tersebut, maka kemungkinan akan beresiko mengalami keruskan pada organ ginjal, jantung dan hati. Maka dari itu inilah kelainan pada orang-orang yang dapat meningkatkan rasa lelah dalam tubuh penderita.

3. Depresi

Diabetes yang merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan tetapi bisa dikontrol guna untuk mencegah terjadinya komplikasi yang dapat menurunkan kualitas hidup seseorang. Bagi mereka yang didiagnosis diabetes untuk pertama kali sekaligus dengan terjadinya berbagai komplikasi yang memang sangat membutuhkan pengobatan dan akan menuntut pada tenaga dan materi, tentu saja akan menjadi suatu tekanan sehingga dapat memicu depresi. Depresi yang akan membuat seseorang menjadi tidak berenergi untuk melakukan berbagai aktivitas, dan hal ini juga bisa menjadi penyebab seorang penderita diabetes merasa lelah.

4. Efek samping obat

Penggunaan obat pada penderita diabetes sangat diperlukan untuk mendapatkan perhatian khusus. Dikarenakan salah satu obat sebagai pengendali tekanan darah memiliki dampak dengan berupa mudah lelah.

Lalu bagimana cara mengatasi mudah lelah bagi penderita diabetes?

Cara Mengatasi Kelelahan

1. Penuhi asupan nutrisi

Nutrisi merupakan faktor yang paling penting dalam meningkatkan stamina. Termasuk bagi penderita diabetes, maka kebutuhan nutrisi harus tetap terpenuhi tanpa meningkatnya kadar gula darah. Konsumsi sayuran dan buah-buahan, serta suplemen yang mengandung vitamin B12 dan kromium yang dapat meningkatkan energi.

2. Melakukan olahraga

Menurut penelitian dari University of Georgia, melakukan latihan ringan dapat mengurangi rasa lelah, seperti dengan melakukan olahraga yoga, berenang, berjalan kaki, dan lainnya.

3. Hindari bermalas-malasan

Bermalas-malasan atau kebanyakan tidur justru akan meningkatkan rasa lelah. Selain itu juga berat badan akan cepat naik. Apabila terlalu malas untuk bergerak, lakukan aktivitas ringan seperti mengerjakan pekerjaan rumah namun secara perlahan dan tidak berpotensi cedera.

4. Mewaspadai gejala depresi

Seperti yang telah kita ketahui, rasa lelah ada hubungannya dengan depresi. Oleh karena itu hindari gejala depresi karena akan berdampak pada kondisi penyakit yang diderita.

Maka dari itu sangat penting bagi penderita diabetes untuk menjaga kesehatan secara psikis. Dianjurkan untuk rutin melakukan olahraga yang merupakan salah satu cara paling mudah. Karena pasalnya, olahraga dapat meningkatkan kadar serotonin yang berguna untuk mencegah gejala depresi.

Baca juga : Mewaspadai Tanda-tanda Bayi Terkena Penyakit Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *